Minggu, 24 Januari 2016

Masak Bakwan Nikmat dan Cepat


Kata anakku, masakannya mama itu gak enak. Tapi ya apa boleh buat, daripada gak makan ya dienak-enakin aja. Memang sih aku baru sempat masak buat anak-anak baru-baru ini aja. Setelah si mbak nikah dan aku memutuskan gak pakai ART lagi. Jadinya ya mau gak mau harus belajar masak.

Dulu yang sering masak memang ibuku, yang masakannnya terkenal enak. Tapi sejak ibuku sakit beberapa bulan lalu jadilah mau gak mau aku harus masak. Sekali-kali bolehlah mengandalkan masak pakai telunjuk alias tinggal nunjuk maka makanan sudah tersedia, alias beli masakan jadi.

Tapi kalau beli makanan di luar terus-terusan lama-lama bosen juga kan. Selain itu juga "boros" pake banget. Ditambah lagi anakku yang pertama itu makannya lumayan susah. Dia vegetarian. JAdi gak makan daging dan ayam. Nah kalau sudah begini harus pintar-pintar mengolah sayuran menjadi makanan yang lezat.

Problem lainnya adalah aku gak punya banyak waktu untuk masak. Jadilah kalau masak itu ya masakan yang praktis-praktis aja. Seperti misalnya tumis sayuran, perkedel kentang, bakwan jagung, bakwan sayuran, bawang bombai goreng tepung dll. Tapi yang paling sering aku masak itu adalah bakwan sayuran.

Dulu aku bikin bakwan pake tepung terigu yang dicampur pake telur dan dibumbui bawang merah serta lada bubuk. Itu rsep dari ibuku. Hanya saja karena beda tangan kali ya, akhirnya bakwannya lembek dan gak renyah sama sekali. Anakku gak begitu suka, tapi ya setidaknya satu bakwan dimakan juga demi menyenangkan hati mamanya.

Kebetulan pas belanja di supermarket aku lihat ada tepung bakwan, harganya juga lumayan murah. Jadilah aku ambil satu untuk mencoba. Sebelum memutuskan mengambil tepung bakwan ini aku lihat dulu cara membuatnya yang ada di bagian belakang kemasan. Ternyata sangat gampang. Gak pake acara nambah telur juga. Hemat kan, soalnya sekarang harga telur juga lagi mahal. Biar 1 butir juga lumayan kan jatuhnya, kalau 1 kg isi 16 harganya Rp 26.000 maka 1 butirnya harganya Rp 1.625.

Nah harga tepung bakwan 100 gram ini cuma sekitar  Rp 2.500 saja. Satu kemasan tepung ini tinggal ditambah air dan sayuran. Pas di rumah kebetulan aku punya daun bawang, buncis sama kol. Jadilah sayuran itu aku iris-iris tipis dan dicampurkan dnegan tepung bakwan. Diaduk sampai rata setelah itu digoreng dalam minyak panas.

Dimakan panas-panas sama saus sambel enak banget. Rasa gurihnya pas dan tepungnya renyah. Dibiarkan beberapa saat juga gak lembek. Jadilah anak-anakku suka dan bilangnya, "masakan mama tumben enak'.

Hadewww... gak percaya emang kalau masakan mamanya enak. Pake tepung bakwan Mama Suka emang bisa bikin anak-anak suka dan mamanya juga suka. Soalnya gak pake ribet dan ngirit banget. Yang terakhir ini kayaknya yang penting. Untuk jenis sayurannya bisa disesuaikan dengan selera kali ya. Tapi resep berikut ini adalah yang biasa aku buat :

Bahan :

  • 1 bungkus tepung bakwan (100 gram) 
  • 4 lmbar daun bawang diiris-iris 
  • 1 buah jagung manis disisir 
  • 5 lembar kol diiris-iris
  • Air 300 ml
Cara membuat ; 
  1. Campurkan tepung bakwan dan air, aduk hingga rata.
  2. Masukkan semua sayuran dan aduk hingga rata. 
  3. Ambil satu sendok adonan kemudian goreng dalam minyak panas.
  4. Goreng adonan hingga kecoklatan atau matang.
  5. Angkat dan sajikan. 



0 komentar:

Posting Komentar