Rabu, 30 Maret 2016

Timun Mas

(Dongeng dari Jawa Tengah)

Pada suatu hari, Pak Tani dan Bu Tani yang sedang berteduh berdoa kepada Tuhan agar mereka diberikan seorang anak. Mereka sudah menikah selama puluhan tahun, tetapi belum juga dikaruniai anak. Ternyata, gua tersebut adalah tempat tinggal seorang raksasa. Mendengar doa kedua suami-istri itu, si raksasa mendekati mereka sambil memberikan sebuah biji mentimun.

Raksasa itu berkata, “Tanamlah bibit mentimun ini. Kelak kalau sudah tiba waktunya, pohon ini akan mempunyai satu buah mentimun raksasa yang berwarna emas. Dari dalam mentimun itu akan keluar seorang bayi perempuan. Peliharalah dia dengan baik. Nanti, setelah anak itu berusia tujuh belas tahun, aku akan datang mengambilnya dari kalian.”

Pulanglah kedua suami-istri petani tersebut ke rumah. Setelah itu, mereka segera menanam bibit mentimun itu di ladang. Dengan sabar, dipeliharanya tanaman itu dengan baik. Hingga pada bulan ketiga, muncullah sebuah mentimun kecil berwarna emas. Mentimun tersebut dipelihara pasangan suami-istri itu hingga besar.

Pada suatu pagi ketika Pak Tani pergi ke ladang, dilihatnya mentimun emas itu sudah merekah. Dipetiklah buah itu dan dibawanya pulang. Sesampainya di rumah, Pak Tani membelah mentimun emas itu dengan sangat hati-hati. Betapa terkejutnya pasangan suami-istri tersebut ketika melihat seorang bayi perempuan ada di dalamnya!

Perasaan gembira yang mendalam menyelimuti mereka. Bayi perempuan itu pun mereka beri nama “Timun Mas.” Timun Mas dirawat oleh suami-istri petani itu dengan penuh kasih sayang. Selain cantik, Timun Mas juga anak yang cerdas dan rajin. Setiap hari dia selalu membantu ibunya menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Kadang-kadang, dia juga membantu bapaknya di ladang.

Tak terasa, tahun-tahun telah berganti. Kini usia Timun Mas sudah mencapai tujuh belas tahun. Namun, kedua orang tuanya lupa akan pesan raksasa di gua dulu. Hingga pada suatu hari, tiba-tiba tanah di sekitar rumah mereka bergetar. Rupanya raksasa tersebut datang untuk menagih janji mereka dulu. Kedua orang tua Timun Mas sangat ketakutan, sementara Timun Mas sendiri yang tidak tahu apa-apa hanya bisa diam.

Dengan tergesa-gesa, Ibu Timun Mas mengambil beberapa barang di dapur, kemudian dimasukkan ke dalam sebuah bungkusan. Dia memberikan bungkusan itu pada Timun Mas sambil berpesan, ”Cepatlah kau pergi dari sini, Anakku! Bawalah bungkusan ini. Jika raksasa itu mengejarmu maka sebarlah satu per satu isinya.”

Timun Mas menuruti perintah ibunya. Diam-diam, dia menyelinap ke luar lewat pintu belakang. Celakanya, sang raksasa yang tinggi besar melihat Timun Mas kabur. Dengan amarah yang meluap-luap, raksasa itu pun mengejar Timun Mas. Ketika raksasa itu sudah hampir mendekat, Timun Mas segera memasukkan tangannya ke dalam bungkusan yang diberikan ibunya.

Dia menemukan garam yang kemudian disebarkannya ke arah raksasa. Ajaib...!!! Daerah yang disebari garam tiba-tiba berubah menjadi lautan dan membuat sang raksasa tercebur. Dengan sekuat tenaga, raksasa tersebut berenang mengejar Timun Mas. Timun Mas sudah kelelahan. Namun, raksasa itu tampak semakin dekat. Timun Mas terus berlari.

Kini, dia kembali mengambil sesuatu dari dalam bungkusan yang dibawanya. Kali ini, dia menemukan beberapa butir lada. Lada-lada itu pun dilemparnya ke arah raksasa. Wuuusssss......! Keajaiban kembali terjadi! Butiran lada itu berubah menjadi hutan semak berduri. Timun Mas kembali punya kesempatan untuk melarikan diri.

Namun, rupanya raksasa itu bisa melewati semak-semak berduri di hadapannya. Raksasa itu semakin lama semakin dekat dengan Timun Mas. Dengan gemetar, Timun Mas kembali merogoh bungkusannya. Celakanya, di dalam bungkusan hanya tinggal satu benda yang tersisa, yaitu terasi! Dengan sekuat tenaga, dilemparlah terasi itu ke raksasa yang masih mengejarnya. Bumm....! Sebuah lautan lumpur terbentang di depan raksasa.

Ternyata, itu adalah lumpur isap, yakni lumpur yang bisa menenggelamkan siapa saja. Ketika raksasa itu mencoba melewatinya, dengan mudah lumpur itu mengisap tubuh raksasa yang besar dan berat. Sedikit demi sedikit, tubuh raksasa masuk ke dalam lumpur. Ketika seluruh tubuh raksasa sudah tak terlihat lagi, secara ajaib lautan lumpur itu menghilang.

Kini yang ada di hadapan Timun Mas hanyalah padang rumput biasa. Timun Mas sudah merasa aman. Dia pun segera kembali ke rumah orang tuanya. Mereka bertiga pun akhirnya hidup bahagia tanpa takut lagi pada ancaman raksasa.

Pesan cerita:Dalam keadaan terdesak, Tuhan memberikan banyak keajaiban pada Timun Mas dalam menghadapi raksasa yang jahat.

Selasa, 29 Maret 2016

Kirim Apapun Mudah Hanya Lima Langkah


Dengan My JNE kita bisa tahu JNE terdekat . Ternyata agen JNE terdekat cuma lima langkah dari rumah. Jadi selama ini aku kemana aja, kok baru tahu sekarang? 

Gak tahu kenapa aku itu orangnya lebih tertarik sama yang ada di depan mata. Jadi yang terlihat itu akan disegerakan dari pada yang tidak terlihat........ (bingung ya sama kalimatnya? Ya begitulah kira-kira diriku, sukanya muter-muter dulu padahal tujuannya sudah ada di depan mata).

Jadi ceritanya kemaren itu di telpon sama adminnya penerbit. Ini bukan untuk yang pertama kalinya, sudah sering banget. Jadi sudah bisa nebak pasti si mbak admin ini nagih hutang. Ya begitulah kira-kira aku ini penulis yang paling sering punya hutang dokumen. Walaupun menurut para penulis itu yang namanya surat perjanjian penerbitan itu sangat penting karena tanpa dokumen ini, royalti tidak akan cair, tapi nyatanya tidak begitu dengan diriku. 

Setelah beberapa bulan surat penerbitan itu sampai, aku tidak segera mengirimnya kembali. Padahal surat sudah ditanda-tangani dan sudah dimasukkan dalam amplop malahan. Sampai nantinya si mbak admin dari penerbit nelpon untuk segera mengirim. Seringkali juga tidak cuma sekali atau dua kali si mbak admin ini nelpon. Tapi sampai lebih dari tiga kali . 

Jadi sebenernya yang kebangetan itu siapa?.... Ya aku ngaku deh kalau aku memang yang kebangetan. Tapi sebenernya sudah niat kuat lho mau ngirim dokumen penting ini. Hanya saja karena tempat ngirimnya lumayan jauh dari rumah, jadi harus naik bajaj atau ojek kalau ke sana, belum lagi jam bukanya yang hanya sampai jam 3 sore. Padahal kan kalau jam kerja aku lagi enak-enaknya nulis, kalau harus dipotong sama acara lain , pasti moodnya akan berubah.


Tapi kalau boleh jujur, aku itu orangnya memang suka menghitung dengan rumit. Bukan karena pelit tapi buatku yang namanya ngirit itu perlu dong. Jadi alasan lain adalah ongkos (naik bajaj/ ojek) ke kantor pengiriman jauh lebih mahal daripada biaya pengiriman itu sendiri. Karena alasan ini, aku biasanya hanya akan pergi ke kantor pengiriman ketika aku ada acara pergi keluar rumah, jadi sambil lewat dan ongkos ke kantor pengiriman itu bisa diabaikan. 

Ada sih yang bilang, " ke JNE saja."
Tapi ada juga yang bilang , "JNE itu mahal".

Nah karena ada yang bilang mahal itulah aku jadi ragu dan selama ini memang belum pernah mengirim lewat JNE. Tapi kemaren itu lihat cerita teman-teman lewat blog tentang aplikasi My JNE yang bisa dibuat untuk melihat tarif, maka tergodalah diriku untuk mencoba. 

Jadilah aku melakukan langkah-langkah berikut ini :



1. Download aplikasi MY JNE

Tinggal buka googlepaly store dan cari MY JNE. Terus ikuti proses pasang.
  1. Klik "PASANG". 
  2. Nanti akan ada konfirmasi, lalu klik "TERIMA"
  3. Tunggu proses download berlangsung. 
  4. Setelah aplikasi terpasang di gadget, maka kita bisa memulai dengan klik "BUKA". 
Catatan :Gadgetnya harus Android ya, kalau masih iOs mohon maaf, belum bisa. 

Nanti kalau sudah terpasang maka MY JNE akan memperkenalkan dirinya pada kita dan pelayanan apa saja yang ada padanya.  (Sopan banget ya MY JNE).
  1. "Mengirim semakin mudah dengan MY JNE" begitu MY JNE memperkenalkan diri. 
  2. My Shipment - cek status pengiriman sendiri dan pengiriman orang lain dengan lebih cepat. 
  3. My Tarif - cek tarif pengiriman JNE  seluruh Indonesia 
  4. My location - lokasi pengiriman JNE yang terdekat 
  5. My COD -  membuat order dari toko online-mu dan menggunakan JNE sebagai mediasi pembayaran.
Di akhir perkenalan, maka JNE akan mengajak kita untuk mulai melakukan pengiriman. Jadi klik saja "LETS GO" untuk memulai segala kemudahan pengiriman dengan JNE. 


2. Sign Up (daftar) 

Sekarang saatnya kita daftar. Pendaftaran ini dengan menggunakan no HP dan alamat email. Kalau sudah mendaftar, maka kita akan mendapatkan email konfirmasi untuk aktifasi . Setelah diaktifkan, maka kita akan mendapat kabar baik dari MY JNE. Setelah itu barulah kita bisa menggunakan aplikasi My JNE ini.




3. Mulai melihat harga 

Karena aku belum melakukan pengiriman, maka aku akan menge-cek harga JNE. Benar gak sih apa yang orang-orang bilang, "JNE itu mahal?"

Karena tidak sabar sekaligus penasaran, jadilah aku menge-cek harga pengiriman Jakarta - Depok. Ini adalah tujuan kemana aku akan mengirim surat perjanjian penerbitanku.
  1. Tulis kota asal kiriman kita di kolom "From"
  2. Tulis juga kota tujuan kiriman di kolom "To".
  3. Klik "CHECK TARIF" 
  4. Nanti akan muncul tarif kiriman kita

Dan ternyata kiriman maksimal 1 kg (kalau surat perjanjian penerbitan sebenernya ikut yang pengiriman Reguler sih ) dari Jakarta ke Depok hanya Rp 9.000. Lama pengiriman 1-2 hari. Melihat kenyataan ini jelas kaget dong. Karena kenyataannya sekarang dengan berat kiriman separohnya saja, untuk kantor pengiriman yang selama ini aku pakai harganya jauh lebih mahal yaitu Rp 10.000 dan estimasi lama pengiriman yang lebih lama. Jadi sekarang gak boleh ya percaya sama kata orang, sebelum membuktikan sendiri kebenarannya. 

Dengan menge-cek tarif kita juga akan tahu dengan tujuan pengiriman yang kita inginkan, pelayanan apa saja yang bisa kita pilih.  Jadi divisi ekspres JNE akan melayani pengiriman paket dan dokumen dalam negeri melalui lebih dari 1.500 titik layanan eklusif. Pelayanan ini meliputi penjemputan hingga pengantaran yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berikut ini adalah service pengiriman dari JNE : 
  • Diplomat - ini adalah layanan untuk dokumen atau barang yang bernilai tinggi. Jadi kiriman ini akan diantar oleh petugas khusus dengan transportasi tercepat. Untuk layanan ini diberlakukan pengawasan ketat mulai dari penjemputan di lokasi pengirim, pengantaran sampai dengan serah terima kiriman. 
  • Super Speed (SS) - paket dan dokumen dikirim sesegera mungkin diluar jadwal rutin dan rute tetap JNE. 
  • Yakin Esok Sampai (YES) - ini adalah pengiriman premium yang bisa sampai pada keesokan harinya, termasuk hari Minggu dan libur Nasional. Kiriman ini hanya berlaku untuk kota tujuan yang memiliki penerbangan langsung. 
  • Reguler (REG) - layanan pengiriman ini akan sampai dalam waktu 2-3 hari. Tapi pada hari Sabtu dan Minggu tidak ada jadwal pengantaran. Jika tempat tujuan jauh dari agen utama maka waktu pengiriman bisa mencapai 7 hari. 
  • Ongkos Kirim Ekonomis (OKE) - layanan ini diperuntukan bagi konsumen yang ingin mengirim barang dengan ukuran besar atau berat. Lamanya pengiriman sama dengan reguler yaitu antara 2-3 hari.
4. Cari JNE terdekat 

Harga sudah tahu kalau lebih murah. Sekarang tinggal mencari di mana aku bisa mengirim dokumen. Dengan aplikasi My JNE, tinggal klik " JNE Nearby". Maka kita sudah bisa mendapat agen JNE terdekat. Tapi kok JNE terdekat yang bisa dilihat dari peta ini lumayan jauh ya, di sekitar Matraman.


"Ini sih gak ada bedanya sama kantor pengiriman yang biasa aku datangi." kataku sambil menggerutu.

Pas ngomong gitu tiba-tiba anak perempuanku menjawab, "di sebelah kan ada agen JNE, mah. Nyempil diantara tukang pulsa dan Alfa Midi."

Jadi selama ini aku ke mana saja sampai gak tahu ada agen JNE yang deket banget. Dan ternyata JNE terdekat cuma lima langkah dari rumah-ku. Memang sih tempatnya cuma kios kecil dan nyempil, papan JNE nya juga tertutup diantara bangunan dan papan Alfa Midi yang gede banget.

Tapi ini sudah malam, sudah jam 7 malam, Apa masih buka ya agennya? Aku pun mencoba datang ke sana. Kalaupun agennya sudah tutup aku toh bisa ke minimarket saja untuk berbelanja. Tapi ya, jujur aku belum pernah ke agen JNE ini.

Akhirnya dengan semangat 45 aku pergi ke sana. Ternyata kios kecil ini padet banget sama orang-orang yang mau kirim paket ataupun dokumen. Ada dua petugas berseragam JNE yang melayani konsumen di sana. Ada satu bapak tanpa seragam JNE yang ternyata adalah pemiliknya yang juga ikut melayani. Ada satu lagi petugas dengan seragam JNE yang sibuk mengangkat paket dalam karung ke dalam mobil JNE yang terparkir di pinggir jalan.


Beberapa saat kemudian tiba giliranku. Pelayanannya ramah. Iseng-iseng aku tanya, "jam berapa bukanya?"

"Dari jam 8 pagi sampai jam 3 pagi. Kadang malah kalau ramai, kita buka  24 jam." Jawaban si petugas JNE ini lumayan mengejutkanku. Jadi ternyata aku bisa mengirim apapun kapanpun di tempat yang dekat rumah. Cuma lima langkah tanpa nambah ongkos bajaj ataupun ojek.

5. Check kiriman 

Setelah kirim aku menerima resi bukti pengiriman. Kalau lihat di MY JNE harganya adalah Rp 9.000 untuk kiirman Reguler. Jadi harga di agen ini sama dengan harga yang ada di MY JNE. Ditambah lagi lebih irit karena aku gak harus nambah ongkos ojek atau bajaj untuk menuju agen.



Paginya aku nge-cek kiriman dengan membuka aplikasi MY JNE. Gak perlu ngetik nomor resi ternyata, begitu klik MY SHIPMENT sudah langsung terlihat riwayat kirimanku. Ini karena aku menggunakan nomor telpon yang sama antara no telpon untuk pendaftaran aplikasi maupun yang aku cantumkan di alamat pengirim.





Kalau mau lebih jelas bisa lihat tayangan berikut ini :


Jadi setelah mencoba aplikasi MY JNE , maka ini adalah pendapatku :
  1. Harga kiriman JNE terhitung murah menurutku, apalagi jika dibanding dengan jasa pengiriman lainnya. 
  2. Aku suka kirim lewat JNE karena agennya dekat rumah dan buka hampir 24 jam , jadi aku bisa mengirim kapan saja tanpa ada tambahan ongkos bajaj atau ojek menuju ke tempat pengiriman. Jadi aku bisa irit. 
  3. Pengiriman JNE cepat banget , karena tanggal 28 malem aku kirim dan dokumen sudah diterima di Depok keesokan harinya tanggal 29 pada pukul 16.00.
  4. Seharusnya agen yang kecil-kecil juga bisa dilihat melalui " JNE Nearby" . Jadi bisa memberikan rekomendasi JNE yang benar-benar dekat rumah si konsumen, karena ongkos dari rumah menuju agen JNE juga bisa jadi pertimbangan bagi calon konsumen untuk melakukan pengiriman melalui JNE atau tidak. 
  5. Dengan aplikasi MY JNE aku bisa menge-check kiriman dengan cepat dan mudah. Dengan no HP yang sama ketika mendaftar dan yang dicantumkan pada alamat pengirim, maka aku gak perlu repot-repot mengetik no. resi ketika melakukan pengecekan.
  6. Lebih baik lagi kalau dalam riwayat pengiriman ada nama si penerima. Jadi kalau misalnya ternyata kiriman belum sampai dan diterima oleh tetangga tapi lupa ngasih tahu, maka kita bisa segera mengetahuinya. 
Sebenarnya di aplikasi MY JNE ada My COD dan MY COD wallet. Tapi sayangnya ak belum pernah menggunakannya. Jadi aku belum bisa cerita, tapi nanti kalau aku punya kesempatan menggunakan dua layanan ini pasti aku akan cerita di sini juga. Tunggu ceritaku berikutnya ya. Salam 




Kamis, 24 Maret 2016

Pendidikan Yang Baik Berawal dari Guru Yang Baik


Aku ibu dua anak yang sudah menginjak dewasa. Tapi sejak anakku Tk gak pernah memasukkan anakku ke Bimbingan Belajar (Bimbel). Toh nyatanya anakku grafik prestasinya trus meningkat dari yang gak pernah ranking di SD dan menjadi ranking 1 ketika di SMK. Bukan karena irit apalagi pelit, tapi buatku memasukkan anak ke bimbel itu sama saja dengan memperkosa otak anak.

Bukankah anak juga manusia yang bebas menentukan keinginanya? Bukankah anak-anak perlu waktu bermain di usianya? Bukankah kehidupan anak-anak bukan hanya untuk akademis saja? Bukankah anak-anak sudah cukup  lelah dengan belajar di sekolah? Bukankah tolak ukur prestasi anak bukan hanya soal ranking dan nilai-nilai saja? Dan masih banyak lagi bukankah yang lainnya ... yang kalau aku lanjutkan postingan ini akan penuh dengan kata bukankah .

Dari pengalaman membesarkan dua anak yang bersekolah di sekolah negeri sejak SD, maka aku menyimpulkan bahwa sebenarnya pendidikan yang baik itu berasal dari guru yang baik. Bisa saja guru yang baik itu justru emaknya sendiri yang juga mengajari mereka belajar setiap hari. Memang sekolah swasta yang mahal itu bisa jadi punya segala fasilitas yang bisa mendukung kegiatan belajar mengajar. Toh nyatanya dengan guru yang sebaik bu Muslimah di sekolah sederhana Gantong itu bisa menghasilkan murid sehebat Andrea Hirata.


Di jaman yang serba digital ini, segala hal bisa dipermudah dengan bantuan gadget dan sejenisya. Begitu juga dengan belajar. Bisa saja seorang murid kesulitan mendapatkan guru yang baik di sekolahnya karena memang kalau di sekolah kita tidak bisa memilih guru. Ketidak cocokan pada guru bisa membuat anak malas belajar dan malas sekolah. Kalau sudah begini, bantuan orang tua dalam belajar anak di rumah sangat diperlukan.

Tapi pada kenyataannya orang tua pun sibuk. Mau bertanya atau minta bantuan kakak juga kemungkinannya kecil karena si kakak bisa saja sibuk sendiri dengan sekolahnya.Kalau sudah begini biasanya bimbingan belajar akan jadi pilihan. Hanya saja, pergi ke bimbingan belajar memerluka waktu tambahan untuk perjalanannya. Bayangkan, betapa lelahnya anak setelah seharian belajar di sekolah kemudian harus pergi ke tempat bimbingan belajar.


Di tempat bimbingan belajar pun belum tentu anak-anak mendapat pencerahan ataupun guru yang baik. Karena kebutuhan dan karakter setiap anak berbeda. Kalau mendatangkan guru privat ke rumah tentu harganya akan lebih mahal. Tapi sekarang ada kok guru privat yang bisa memberikan pelajaran tambahan kapan saja dan di mana saja tapi dengan harga yang cukup murah kalau kita menghitungnya dengan seksama.

Coba datang ke situs ruangguru.com dan anak kita bisa mendapatkan guru privat yang sesuai. Ada kelas coba, di mana anak kita bisa mencoba belajar gratis di sana dan mendapatkan guru yang sesuai. Tentu saja guru privat yang ada di situs ruangguru.com ini sudah diseleksi dengan tes khusus yang diadakan oleh ruangguru.com. Begitu juga dengan riwayat mengajar guru yang ada di ruangguru.com ini juga didaftar dengan baik.


Situs ruangguru.com ini pertama kali dirilis pada April 2014 dan merupakan startup penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terkemuka di Indonesia. Jadi di rungguru.com ini kita tidak hanya bisa mendapatkan jasa guru privat untuk bidang akademis saja, tapi juga ada guru privat bidang vokasional seperti musik dll.

Dari segi kualitas, situs ruangguru.com ini tidak perlu dirgukan lagi. Dalam usia yang belum begitu lama ini rungguru.com sudah meraih berbagai penghargaan dalam negeri dan manca negara diantaranya :
  1. Situs pendidikan terbaik di Indonesia dalam Bubu Awards 2015
  2. Honorable Mention for Best Education Startup dalam KAIZEN 2016 di Dubai.
  3. Marketplace terbesar di Indonesia yang menghubungkan murid dengan 27 ribu guru. 

Di ruangguru.com ini anak-anak kita bisa mengakses ribuan bank soal secara gratis termasuk soal untuk persiapan ujian semester, ujian nasional juga ujian masuk perguruan tinggi negeri. Saat ini ruang guru sedang menjalin kerjasama dengan pemerintah pusat maupun daerah untuk mendukung kegiatan belajar mengajar sehari-hari, pemetaan pendidikan di Indonesia serta peningkatan kompetensi guru. 

Saat ini ruangguru.com juga telah merilis aplikasi Ruangguru yang bisa diunduh di Google Play Store dengan Android minimal Jellybean. Melalui aplikasi ini maka murid bisa mengunggah foto soal yang dingin ditanyakan pada guru . Selain itu murid juga bisa terhubung langsung dengan guru pelajaran yang diinginkan. Komunikasi bisa dilakukan dengan chat maupun video call. Dan yang penting komunikasi mereka semua tersimpan dengan baik oleh ruangguru.com. Jadi jika ada percakapan yang menyimpang bisa segera dilakukan tindakan. Oh ya, aplikasi ruangguru ini gratis sampai dengan tanggal 15.


Saat ini aplikasi Ruangguru masih proses beta atau tahap penyempurnaan. Namun menariknya sudah menyediakan 4 pilihan mata pelajaran, yaitu Matematika, Bahasa Inggris, Fisika dan Kimia. Katanya sih, inginnya nanti berfungsi selama 24 jam, namun untuk sekarang jam operasionalnya dari jam 06.00 - 22.00 WIB.

Keluarga Sehat Bebas Tuberkulosis


Hari ini tanggal 24 Maret merupakan hari TB Sedunia. Pada hari ini tepatnya tanggal 24 Maret 1882 seorang ilmuwan bernama Robert Koch (11 Desember 1843 - 27 Mei 1910) menemukan bakteri Mycrobacterium tuberculosis yang merupakan penyebab TB. Berawal dari hari iu maka setiap tahun di hari yang sama diperingati sebagai hari Tuberculosis (TB) di seluruh belahan dunia.

Menurut data terbaru, pada tahun 2015 Indonesia menduduki peringkat ke-2 di dunia sebagai negara dengan penderita TB tertinggi. Peringkat pertama diduduki oleh Cina. Jadi penanggulangan TB di Indonesia harus menjadi urusan setiap masyarakat Indonesia itu sendiri.

Untuk menanggulangi TB maka peran keluarga sangtlah penting. Setiap keluarga harus mengenal kesehatannya sendiri. Jadi ketika sebuah populasi bisa menemukan, mengobati dan menyembuhkan TB sebanyak-banyaknya, maka hal ini akan mencegah Tb menyebar pada yang lain.

Apa itu TB ? 

  • TB merupakan penyakit menular langsung. 
  • TB disebakan oleh kuman TB (Mycrobacterium tuberculosis)
  • TB dapat disembuhkan 
  • TB bukan disebabkan oleh guna-guna atau kutukan. 
  • TB bukan penyakit keturunan
  • Sebagian besar kuman TB menyerang paru, tetapi ada juga yang menyerang organ tubuh lainnya seperti otak, tulang, hati dll. 
  • TB bisa menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang tua. 
TB itu menular melalui udara. Yang menjadi sumber penularan adalah dahak penderita. Penularan kuman TB ini dipengaruhi oleh : 
  • Jumlah kuman
  • Lamanya kontak 
  • Daya tahan tubuh 
Itu sebabnya mengapa TB kebanyakan diderita oleh masyarakat yang berada di lingkungan buruk. Biasanya masyarakat yang tinggal di lingkungan buruk bekerja sebagai pekerja kasar seperti buruh cuci, pemulung dll. Jika ada salah satu dari mereka terkena kuman TB maka kuman itu akan sangat mudah menyebar karena biasanya mereka tinggal pada rumah dengan luasan sempit dengan jumlah orang yang banyak. Selain itu juga nutrisi yang dimakan kurang baik akan menyebabkan TB menular dengan cepat. 

Untuk mencegah banyaknya orang yang tertular Tb maka kita perlu menjaga etika batuk. Ini karena 1 orang TB aktif bisa menginfeksi 10-15 orang/ tahun. 1 dari 100 orang yang terinfeksi TB aktif ini akan menjadi penderita TB aktif seumur hidupnya.  

Mengenal TB Lebih Dekat 

TB itu bukan hanya menyerang paru-paru saja. Ada TB Paru dan TB ekstra paru. Kalau TB paru ini lebih mudh didiagnosis karena gejalanya lebih tampak. Gejala TB paru diantaranya : 
  • Gejala utama adalah batuk selama lebih dari 2-3 minggu. 
  • Gejala tambahannya antara lain : 
  1. Dahak campur darah
  2. Batuk darah 
  3. Sesak napas 
  4. Nyeri dada
  5. Badan lemah
  6. Nafsu makan turun
  7. Berat Badan  turun
  8. Malaise
  9. Keringat di malam hari , 
  10. Demam 
Tb juga terindikasi kombinasi dnegan penyakit lain seperti HIV, liver, lupus, tumor dll. TB seringkali muncul tanpa ditandai dengan batuk . Oleh karena itu diagnosis TB melalui pemeriksaan dahak maupun pemeriksaan fisik melalui bedah serta pengambilan cairan pada benjolan (biopsi jarum halus). 

Berikut ini adalah tanda-tanda TB ekstra paru : 
  1. Ada benjolan
  2. Ada air di paru-paru yang mengakibatkan sesak di dada ketika menarik napas dan terasa sakit atau nyeri ppada dada. 
  3. Diare terus menerus (TB usus) 
  4. Ada benjolan di hati (TB hati) 
  5. Kelainan pada tulang dan sendi. Ini akan terlihat ketika difoto akan terlihat tulang rusak (TB tulang) 
  6. TB pankreas dan TB limpa bisa dilihat melalui bedah. 
  7. Sakit kepala (TB otak) 
Menemukan pasien TB itu bagai mencari jarum ditumpukan jerami. Ini karena gejala Tb sulit diketahui. Segala umur bisa saja terserang TB yang disebabkan karena daya tahan menurun serta gizi buruk juga komplikasi suatu penyakit seperti HIV Aids. 

Yang paling sulit ada menjaga kepatuhan pasien dalam hal minum obat. KAdang pasien juga alergi obat. Selain itu makan obat TB akan menyebabkan efek samping seperti mual, kulit alergi, gangguan mata, gangguan ginjal. Hal inilah yang menyebabkan pasien terasa berat ketika harus menyelesaikan minum obat selama 6 bulan. 

Jika sudah 2 bulan minum obat dan ternyata pasien menghentikannya, maka pasien harus mengulangi minum obat dari awal. Selain itu perlu ditambah dengan injeksi. Hal ini untuk mengimbangi kemungkinan resistensi obat. Jika pasien tuntas minum obat maka pasien tersebut bisa sembuh. Namun jika pasien tidak tuntas berobat maka bisa jadi Tb yang dideritanya akan kambuh lagi. 

Oleh karena itu pern keluarga sangat penting untuk membantu kesembuahn pasien TB. Peran keluarga dalam hal ini adalah membantu menemukan, mengobati dan menyembuhkan anggota keluarga. 

Peran Pemerintah Dalam Penanggulangan TB 

TB itu bila tidak diobati akan membunuh pasien. Diagnosa TB sendiri membutuhkan wakttu sekitar 3 bulan . Sedangkan pengobatan TB memerlukan waktu sekitar 24 bulan. Melihat akan bahaya TB ini maka pemerintah berkomitmen kuat pada suksesnya penanggulangan TB ini. 

Angka keberhasilan pengobatan TB di Indonesia mencapai 90%. Sedangkan 10 % sisanya merupakan pasien yang tidak menyelesaikan pengobatannya. Kegalalan pengobatan akan menyebabkan pasien menjadi resisten pada obat. Oleh karena itu peran keluarga dalam pengobatan pasien Tb ini sangat penting. 

Berbagai strategi nasional yang dilakukan untuk pengendalian TB antara lain : 
  1. Memberdayakan masyarakat dan pasien TB
  2. Memperkuat sistem kesehatan 
  3. Meningkatkan komitmen pemerintah pusat dan daerah terhadap porgram TB
  4. Mendorong penelitian, pengembangan dan pemanfaatan informasi strategik. 




Minggu, 20 Maret 2016

Dessert Sehat Banana Berries Magic di A&W Restaurants


Siapa bilang kalau makan di restoran cepat saji itu adanya junk food alias makanan gak sehat semua? Siapa juga yang bilang kalau makanan sehat yang ada di resto itu sekarang harganya mahal? Buktinya di A&W Restaurant ini kita bisa mendapatkan hidangan sehat dengan harga yang murah meriah.

Kalau datang ke restoran cepat saji pasti yang ada di dalam pikiran kita adalah burger, ayam goreng dan kentang goreng dan minuman soda. Gak ada buah, dan gak sehat buat anak-anak. Padahal sih yang namanya anak-anak itu agak susah kalau disuruh makan buah.

Tapi mulai tanggal 17 Maret 2016 ini, A&W Restaurants, yang sudah 30 tahun lebih ada di Indonesia ini mengeluarkan rangkaian dessert baru yang memikirkan banget soal rasa dan kandungan nutrisi di dalamnya. Rangkaian dessert ini menggunakan buah lokal yang sudah mendunia yaitu pisang. Selain itu juga ada buah internasional yaitu berries.

Buah-buahan ini dijadikan sebagai bahan utama. Yang istimewa lagi adalah kita bisa menikmati buah-buahan ini dalam bentuk segar. Kalau kata ahli gizi semakin terlihat bentuk aslinya, maka semakin tinggi nutrisi yang masih terkandung di dalam makanan itu.


Ada 3 pilihan menu dari rangkaian dessert ini. Ada waffle, milk shake juga ice cream. Harganya juga bervariasi ulai dari Rp 11.000 hingga Rp 37.500. Kalau kata Pak Sury Wiratno selaku Product Development and Quality Assurance Manager A&W Restaurant, Rangkaian Banana Berries Magic ini adalah kreasi yang menggambarkan bahwa A&W senantiasa mengutamakan kualitas. Ini karena komitmen A&W adalah memberikan produk inovatif untuk menghadirkan senyum di wajah setiap orang.

Sekarang yuk kita lihat apa saja sih rangkaian Banana Beriies Magic ini.

Artisan Waffle Ice Cram Banana Berries. 



Ini adalah waffle yang di masak langsung saat cistomer memesan. Jadi masih fresh from the panggangan waffle. Ada dua pilihan, buat yang makanannya banyak bisa milih porsi reguler dengan 4 waffle , harganya Rp 33.000 - Rp 37.000. Klau yang makannya sedikit bisa pilih yang small dengan harga Rp 26.000 - Rp 29.500. Isinya hanya 2 waffle.

Dalam piring waffle ini juga ditambahkan ice cram vanila yang lembut. DI atasnya disiram dengan saus strawberry. Ada juga irisan pisang segar dan taburan aneka berries di atas waffle. Berries yang ditambahkan di sinia natara lain Redcurrant, Blackcurrant, Blueberry, Blackberry, strawberry. Sebagai sentuhan akhir ada saus coklat yang bisa kita siramkan di atas waffle.

Milkshake Banana Berries.



Minuman yang satu ini sangat mngenyangkan. Ini karena di dalamnya ada pisang yang juga ikutan di blend bersama susu. Ada juga buah berries yang ikutan di blend sehingga akan terasa butiran-butiran halus di dalamnya. Rasa pisangnya kuat banget. Di tambah lagi dengan ice cream vanila lembut di atasnya. Juga taburan berries serta irisan pisang segar. Milkshake ini bisa dinikmati dengan harga Rp 18.500 - Rp 21.500.

Sundae Banana Berries. 



Es krim vanila ini ditambahkan saus blueberry di atasnya. Ada juga irisan pisang segar dan tidak lupa taburan aneka buah berri. Harganya murah meriah banget yaitu antara Rp 11.000 - Rp 12.000.



Dessert Tema Pisang Di A&W Restaurants


Buat yang suka datang ke restoan cepat saji dan bosan dengan menu yang itu-itu saja, coba deh datang ke A&W restaurants. Mulai tanggal 17 Maret 2016, A&W Restaurant menghadirkan serangkaian menu dessert pilihan dengan bahan dasar dari Pisang. 
Buat yang suka sama buah-buahan berbagai pilihan menu dessert di A&W Restaurants ini bisa jadi rekomendasi. Masih ingat kan salah satu dessert yang paling di cari di A&W Restaurants  dulu, yaitu Chocho lava, sayangnya dessert yang satu ini sekrang sudah gak ada lagi. Padahal Chocho lava ini sampai sekarang masih banyak di cari karena rasanya yang paling enak diantara chocho lava yang sama yang dijual oleh resto lain. 


Nah dari pengalaman chocho lava ini bisa jadi gambaran kan, kalau dessert yang dikeluarkan oleh A&W Restaurants pasti mengedepankan kualitas rasa dan inovasi. Begitu juga dengan rangkaian menu baru ini. Selain mengangkat pisang sebagai buah tropis yang sudah mendunia, dalam menu Banana Berries ini juga ditambahkan buah-buahan yang sudah mendunia juga yaitu aneka berries. 


Istimewanya, di menu ini digunakan buah-buahan segar, jadi bbahannya bukan dari selai ataupun pasta buah. Bisa dipastikan rasanya juga akan segar, dan yang paling penting kadungan vitamin dan nutrisi lain dari buah-buahan ini masih sangat tinggi. Jadi ini bisa jadi pilihan makanan sehat. 

Berbagai pilihan dessert dari seri Banana Berries Magic ini adalah : 
  1. Artisan Waffle Ice Cream Banana Berries
  2. Milkshake Banana Berries
  3. Sundae Banana Berries
Artisan Waffle Ice cream Banana Berries ini adalah wafle yang diidangkan bersama dengan ice cream vanila yang lembut. Di atas ice cream akan disiram dengan strawberry saus. Dilengkapi dengan irisan pisang segar. Selain itu di atas waffle juga ditambahkan taburan aneka buah berri seperti Redcurant, Blaccurrant, blueberry, blackberry juga strawberry. 


Dalam sajian ini juga diberikan saus coklat yang bisa disiram di atas waffle. Menu ini porsinya lumayan besar, dengan 4 waffle harganya sekitar Rp 33.000 - Rp 37.500. Tapi kalau untuk anak-anak atau yang makannya sedikit bisa kok memesan yang 2 waffle aja. Harganya sekitar Rp 26.000 - Rp 29.500. 


Buat yang suka milkshake maka Milkshake Banana Berries ini bisa dicoba. Rasa buah pisangnya kuat banget. Di dalamnya ada butiran berries yang di blend. Berries yang ditambahkan  antara lain Redcurrant, Blackcurrant, Blueberry, Blackberry, Strawberry. Di atasnya masih ditambahkan ice cream yang lebut dan irisan pisang juga taburan berries utuh. Satu gelas besar Milkshake Banana Berries ini harganya sekitar Rp 18.500 - Rp 21.500. 

Kalau mau dessert yang ringan dan murah meriah, maka Sundae Banana Berries ini bisa dicoba. Ini adalah ice cream yang di atasnya disiram dengan blueberry saus. Ada juga taburan aneka berries seperti Redcurrant, Blackcurrant, Blueberry, Blackberry dan Strawberry. Sebagai pelengkap tidak lupa ditambahkan irisan pisang segar . Satu cup Sundae Banana Berries ini harganya antara Rp 11.000 - Rp 12.500. 


Jumat, 18 Maret 2016

Indosat Ooredoo Mengembangkan Potensi Perempuan Melalui Teknologi Digital


Yang namanya internet itu ibarat dua mata pisau. Jika digunakan dengan baik maka akan menjadi baik. Begitu juga sebaliknya. Jika digunakan untuk hal-hal buruk maka akan mendatangkan keburukan. 

Inilah yang dikatakan oleh ibu Septriana Tangkary, yang merupakan Direktur Pemberdayaan Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementrian Komunikasi dan Informasi RI. Hal ini beliau katakan dalam talk show Women Connected to Mobile  Internet pada hari Kamis 17 Maret 2016. Kegiatan ini bertempat di Kantor Indosat yang berada di Jln Medan Merdeka Barat Jakarta.

Selain dari Kementrian kominfo, hadir juga nara sumber lain yang merupakan perempuan-perempuan hebat di bidangnya. Ada ibu Meutya Hafid, wakil Ketua Komisi I Bidang Telekomunikasi dan IT DPR -RI. Beliau sangat mendukung UU komunikasi yang berpihak pada kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Ini karena tingkat pendidikan perempuan yang lebih rendah dari laki-laki. Selain itu juga keterbatasan perempuan yang menyebabkan kesempatan laki-laki dalam dunia digital lebih banyak dibanding perempuan.


Sebelumnya acara dibuka oleh Bapak Alexander rusli, President Director dan CEO Indosat Ooredoo. Menurut Bapak Alexander Rusli, Indosat Ooredoo lebih dari sekedar konektiivitas. Indosat Ooredoo ingin memastikan teknologi digital dapat dipahami dan dimanfaatkan untuk memaksimalkan potensi perempuan sehingga mereka dapat meraih mimpi, cita-cita dan kualitas hidup yang lebih baik. Komitmen tersebut diwujudkan oleh Indosat Ooredoo melalui program CSR Indosat Ooredoo pilat Women Empowerment yang telah menjadi bagian dari pilar utama program CSR sejak tahun 2012.

Hal yang sama dipertegas oleh ibu Ripy Mangkoesubroto selaku Chief Human Resource Officer Indosat Ooredoo. Di era digital seperti sekarang ini, pemberdayaan perempuan harus mencakup aspek digital, sehingga perempuan Indonesia mampu berperan dan memiliki digital knowledge dan skill tersebut. Perempuan Indonesia harus ampu meraih kesempatan yang ditawarkan oleh ekonomi digital termasuk akses pendanaan.

Penjelasan dari ibu Ripy ini ditambahkan lagi oleh Ibu Deva tentang program CSR Indosat Ooredo yang dikhususkan bagi perempuan yaitu Inspirasi Perempuan Indonesia (INSPERA) . Da dua fokus utama dari INSPERA ini yaitu :

  1. Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan perempuan untuk dapat memperoleh penghasilan serta memberikan akses pendanaan dan layanan keuangan.. 
  2. Meningkatkan jumlah perempuan untuk mendapatkan akses informasi dan fasilitas telekomunikasi melalui berbagai layanan dan aplikasi, kegiatan komunitas perempuan, seminar, sharing, pameran digital dan kewirausahaan. 
Ada juga para pebisnis perempuan yang telah mengalami jatuh bangunnya usaha yang sudah dirintaisnya selama 13 tahun lalu. Beliau adalah Ni Luh Jelantik yang merupakan pengusaha sepatu dari Bali. Dengan merintis usaha yang mengedepankan pendekatan pelanggan sebagai sahabat dan memiliki akses pribadi pada pengrajin langsung, kini Ni Luh Jelantik telah mulai melakukan bisnis online dalam pemasaran produknya. 


MAsih ada satu lagi perempuan yang sukses dalam bisnis kelompoknya. Beliau adalah ibu Nuriyah yang merupakan kelompok perempuan usaha Soka Ayu. Kelompok ini memproduksi batik khas Banyumas di Banjarnegara. Usaha kelompok Soka Ayu setelah mendapat binaan dari Indosat. Dari yang dulunya hanya memasarkan hasil batik dari pameran ke pameran. 

Kini kelompok tersebut sudah memasarkan hasil kerajinannya secara online. Mereka telah membuat Fan page di FB : Soka Ayu, juga Instagram : Soka Ayu. Indosat Ooredoo juga membantu kelompok ini belajar membuat aneka produksi dari batik. Kalau dulu hanya memproduksi kain dan busana batik, kini mereka telah memproduksi tas, dompet, sepatu dll. Semua dari batik khas Banyumas.  


Seorang perempuan yang sangat melek teknologi yaitu Kurie Suditomo dari Coding Indonesia juga dihadirkan di sini. Bu Kurie memberikan inspirasi bahwa games bukanlah permainan yang membuang waktu semata. Beliau mengajak untuk menjadikan anak sebagai pembuat games melalui cara belajar yang menyenangkan.

Satu lagi perempuan isnpiratif yang mengerti apa yang diperlukan oleh perempuan. Berawal dari ide curhat di diary yang tidak dijawab, maka Destriana Cantikadewi membuat House of Perempuan (HOPE). Aktifitas komunitas ini adalah di twitter dan melalui email. Jdi kalau curhat di HOPE maka akan mendapat solusi. Dengan melihat isu dan kebutuhan perempuan dari hasil curhatan tentunya, maka HOPE akan membuat acara offline yang bisa memberi solusi bagi semua maslah anggotanya.


Selain talkshow pada kesempatan ini juga dibuka MAster Class yang terdiri dari 4 kelas. MAsing-masing peserta bebas memilih dua kelas yang disukainya. Kelas-kelas tersebut diantaranya :
  1. Parenting in Digital Era dipandu oleh Vera Itabilina (Psikolog Anak). 
  2. Women Digital Economy dipandu oleh Citra Damayanti Agus (CEO IMX)
  3. Digital Security and Safety for Women and Family  dipandu oleh Septriana Tangkary (Direktur Pemberdayaan Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika, Kementrian Komunikasi dan Informasi RI)
  4. Commercial Product Photography dipandu oleh Arino Mangan (Arino Mangan Photography)
Master Class ini nantinya akan dilakukan secara berkala di Galery Indosat. Untuk materi dan kurikulumnya akan dilakukan identifikasi kebutuhan dari para peserta. Saat ini Master Class baru diadakan di Jakarta. Namun rencananya Master Class ini akan diadakan di seluruh Indonesia, tentu saja di daerah yang sarana dan prasarana mendukung. 



Rabu, 16 Maret 2016

Main Bareng Jagoan Boboiboy dan Indomilk


Jaman sekarang anak-anak lebih suka sibuk bermain dengan gadget daripada bermain di luar rumah. Bukan salah siapa-sapa tapi memang sudah menjadi trend kalau anak gak pegang gadget itu gak keren. Beda jauh ya sama generasi jaman dulu di mana mereka belum mengenal gadget.

Bukan salah jamannya atau salah gadgetnya. Tapi kebiasaan bermain saja yang perlu lebih banyak diperkenalkan pada anak. Dengan alasan inilah maka Indomilk membuat papan permainan edukatif yang mengangkat tokoh super hero anak-anak Asia yaitu Boboiboy.

Jadi selain mendukung kelengkapan gizi bagi anak Indonesia, Indomilk juga ikut aktif mendukung prinip bermain anak-anak yang seimbang. Jadi nantinya anak-anak akan seimbang bermain "real life game" dan " digital game".


Papan permainan Indomilk Jagoan Boboiboy ini hasil kerjasama PT. Indolakto sebagai produsen susu Indomilk dengan Animonsta selaku pemegang hak cipta tokoh super hero anak-anak Boboiboy. Permainan ini diharapkan bisa mendukung kemampuan kognitif dan kemampuan interaksi anak.

Permainan  ini mirip dengan catur. Di mana ada papan kotak-kota dengan 24 karakter Boboiboy yang bisa dijumpai di setiap kemasa Indomilk Kids ukuran 115 ml dan indomilk UHT reguler ukuran 190 ml. Setelah susu indomilk selesai di minum, maka gambar tokoh yang ada pada kemasan kosongnya bisa digunting dan digunakan untuk bermain.

Untuk papan permainan Jagoan Boboiboy ini bisa di download di website Susu Indomilk www.indomilk.com. Selain itu papan permainan ini juga bisa di dapat di toko-toko yang ikut berpartisipasi.


Papan permainan ini bisa dimainkan oleh dua anak. Dengan kisaran usia sekolah dasar. Permainan edukatif ini memiliki 10 manfaat positif yaitu :

  1. Mempererat hubungan (bonding) dengan teman atau keluarga
  2. Melatih kerjasama dengan tim. 
  3. Mengasah kecerdasan matematik
  4. Berfikir ke depan.
  5. Memperkuat ketahanan mental.
  6. Berani mengambil keputusan
  7. Berlaku sportif
  8. Dapat berinteraksi secara langsung
  9. Belajar bertanggung jawab
  10. Saling menghargai. 

Menurut Psikolog Saskiya Aulia Prima M.PSi yang ikut hadir dalam acara Launching Indomilk Boboiboy di Restoran Bungai Rampai Jln Teuku Cik Ditiro Jakarta pada hari Rabu, 16 Maret 2016, permainan edukatif akan memberikan banyak manfaat bagi anak seperti : 
  1. perkembangan berpikir (kognitif)
  2. perkembangan fisik
  3. perkembangan sosial dan emosi (socioemotional. 
Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi  memang telah mempengaruhi perilaku sosial yang menyebabkan anak cenderung untk bermain sendiri sehingga tidak mempedulikan orang lain. Papan permainan Jagoan Boboiboy ini memberikan kesempatan bagi anak untuk bermain dengan teman sebayanya. 



Selasa, 15 Maret 2016

Gastronomi Kenduri Ala Prancis - Good France 2016


Kalau di Indonesia ada yang namanya "Kenduri" maka di Prancis ada yang namanya "Gastronomi". 
Dalam rangka merayakan masuknya gastronomi Prancis dalam daftar Warisan Dunia UNSCO, maka Kedutaan Bsar Prancis di Indonesia bekerjasama dengan Kamar dagang dan Industri Indonesia Prancis (IFCCI) mengglar rangkaian acara Gout de France / Good France di Jakarta pada tanggal 20 -21 Maret 2016. 

Acara ini akan ditandai dengan makan malam serentak di 1.500 restoran di 5 Benua. Kalau di Indonesia akan ada 22 restoran yang ikut serta dan tersebar di Jakarta, Yogyakarta, Bali, dan Surabaya. Kegiatan ini juga bertepatan untuk menandai datangnya musim semi. 


Gastronomi ini adalah tradisi makan-makan yang biasa dilakukan saat peringatan penting dalam hidup. Seperti misalnya saat ulang tahun, pernikahan dll. Dalam tradisi makan bersama ini seluruh anggota keluarga dan juga teman-teman akan berkumpul mengelilingi meja. 


Di saat itulah seluruh anggota keluarga menghabiskan waktu selama berjam-jam. Ritual seni makan ini dimulai sejak merancang menu yang akan disajikan, pembelian bahan-bahan lokal dengan kualitas yang terbaik. Hingga padu padan hidangan dengan wine yang disajikan. 


Ada pakem-pakem khusus dalam ritual gastronomi ini. Acara makan akan dimulai dengan aperitif. Dilanjutkan dengan menikmati makanan pembuka. Makanan berikutnya adalah ikan atau daging yang disajikan dengan sayur-sayuran. 

Dalam sajian ini juga akan disajikan berbagai macam keju dan setiap orang bisa menikmati keju ini sesukanya. Makanan penutup akan disajikan di akhir ritual dan dilengkapi dengan menikmati wine. 

Di Jakarta akan ada 11 restoran yang menyajikan menu kuliner Prancis dengan perpaduan teknik dan bahan lokal secara serentak. Ada Restoran Lyon yang akan menyediakan hidangan klasik Prancis mulai dari tanggal 20 - 27 Maret 2016. Hidangan tersebut diantaranya House made Gravlax, Atlantic Salmon dan Roasted Angus Beef Striploin. 

Di The Edge Restoran yang berada di roof top daerah Kemang akan menyediakan menu dengan gaya bistro. Menu pembuka di sini adalah Signature dish dari Chef Martin yaitu Salad Seafood, beef stew dengan resep warisan keluarga. Ada juga sorbet dan chocolate mousse. 


Chef Zulkarnaen Dahlan mengangkat tema Voyage Cuisine Francais Infuse Avec Des Materiaux Locaux untk Colonial Cuisine & MOlecular Restoran. Yang unik di sini adalah menu Prancis dengan penggunaan teknik sains dalam produksi maupun penyajian. 

Acara lain yang diadakan dalam rangka Good France kali ini adalah Gala Dinner pada tanggal 20 MAret 2016 di Hotel Raffles Jakarta. Di sini para tamu khusus bisa menikmati menu spesial dari Chef Alain  Passard. Di sini juga akan diadakan peragaan busana serta acara hiburan Prancis-Indonesia dan penjualan karya seni. Hasil dari penjualan ini nantinya akan didonasikan kepada Asosiasi Pour les Enfants de la Rue. 

Sedangkan pada tanggal 21 Maret bertempat di Auditorium IFI Thamrin akan diputar film pendek dokumenter yang berjudul Le repas gastronomique des Francais. Film ini tentang tradisi gastronomi Prancis sebagai warisan budaya non materiil. Film ini dibuat Mission Francaise du Patrimoine et des Cultures Alimetaires (MFPCA). Film ini juga yang telah berhasil membuat tradisi gastronomi Prancis diakui sebagai warisan budaya dunia UNESCO. 

Pada saat inilah Chef Alain Passard hadir dan bertemu dengan siswa SMK jurusan Tata Boga dan udangan lainnya untuk bercerita sekaligus merayakan keunggulan dan kreativitas gastronomi Prancis.