Kamis, 30 Juni 2016

Indahnya Kebersamaan di Masjid

Kami menyebutnya “masjid”. Tapi kalau dilihat dari bangunannya lebih tepat jika disebut sebagai “mushola”. Entahlah apa nama yang tepat untuk masjid kami ini. Yang jelas di sinilah kami dulu selalu melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan bersama.

Masjid ini sejak berdiri diberi nama “Al Ikhlas”. Nama ini diberikan untuk mengingat bahwa orang yang membangun masjid ini sudah dengan ikhlas memberikan separoh tanahnya yang tidak begitu luas itu sekaligus membangunnya.

Memang tidak semua biaya untuk pembangunan masjid ini ditanggung oleh tetanggaku yang dermawan itu. Bukan karena dia tidak punya uang lagi, tapi karena dia ingin memberi kesempatan bagi warga lain yang juga ingin memberikan sebagian hartanya untuk membangun masjid ini. Selain itu juga untuk menciptakan rasa memiliki bersama atas masjid ini.

Karena dibangun dengan keikhlasan dan kebersamaan, maka kebersamaan pulalah yang selalu mengisi hari-hari di masjid ini. Setiap hari kami selalu menyempatkan sholat berjamaah di masjid ini, walaupun hanya satu waktu. Ini adalah sebagai rasa syukur kami, karena sebelum masjid ini berdiri, maka kami harus berjalan sejauh 1 kilometer untuk sholat berjama’ah. Baik itu sholat Taraweh ataupun sholat Jum’at.

Masjid kami memang tidak terlalu besar. Tapi kebersamaan kami di masjid ini telah membuat rasa syukur kami semakin besar.

"Tulisan ini diikutsertakan dalam LOmba Menulis : 1001 Kisah Masjid" 

Word count 194





Rabu, 29 Juni 2016

Rambut Mengembang dan Gampang Disisir


Jadi ceritanya hari ini aku ada di depan laptop dari bangun tidur sampai siang. Kalau sudah di depan laptop itu pasti deh lupa waktu. Padahal juga sudah dibuat jadwal kalau hari ini itu cuma up date di dua blog dan setelah itu harus mandi dan siap-siap pergi karena ada acara di Kemang sekitar jam 4 sore. Karena di sana daerah macet, itu artinya aku harus berangkat dari rumah dua jam sebelumnya atau sekitar jam 2 an .

Nah kenyataannya entah aku itu ngapain aja, pas hampir jam 3 sore aku masih saja sibuk di depan laptop dan mandi dengan terburu-buru. Pas masuk kamar mandi dan ngelihat di kaca, maka mau gak mau aku harus keramas, karena rambut ini lepek banget dan sudah kotor banget dan gak pantes banget dilihat orang.

Bisa aja sih sebenarnya gak perlu keramas , jadi rambut langsung digelung aja kaya biasanya dan gak dilepas. Tapi gatelnya itu lho yang gak tahan. Belum lagi kotoran yang ada di rambut, kan malu kalau dilihat orang, ketahuan banget ya joroknya.

Ya sudahlah, akhirnya nyoba shampo dan conditioner baru dari Dove yang menutrisi rambut sehingga rambut bisa terlihat mengembang hingga 95% lebih bervolume. Namanya Dove Volume Nourishment. Pas keramas seperti biasanya sambil meratakan shampo di kepala sambil menyisir rambut yang kusut ini dnegan tangan. Cara menyisir dengan tangan ini selalu aku lakukan cuma kalau pas keramas aja lho ya. kalau sudah kering teteplah pake sisir karena kalau cuma mengandalkan jari-jari tangan untuk sisiran pastilah kusut.

Karena mau pergi jadinya mandi harus cepat dong. Nah selesai pakai shampo seperti biasa langsung pake conditioner. Karena buru-buru jadilah gak pakai acara mendiamkan konditioner dulu. JAdi habis diratakan di rambut langsung di bilas. Dan ternyata setelah dibilas rambut sudah kerasa kok licinnya. Amanlah kalau begitu.

Selanjutnya saatnya dandan dan ganti baju. Supaya cepa kering, jadilah dandan di depan kipas angin. Tapi berhubung dandannya kilat juga, jadilah rambut tetap saja masih dalam keadaan basah. Nah mau gak mau harus saatnya pergi pun tiba. Supaya cepat sampai ke tujuan pun akhirnya diantar sama anakku naik motor.

Waduh! Ini celaka. Rmbut basah gini kalau dibiarkan gitu aja pasti akan melambai dan kusut. Rugi dong keramasnya. Akhirnya rambut yang setengah basah itu aku selipkan di dalam baju. Berhubung banyak angin, maka jadilah rambut yang ada di dalam baju itu pun akhirnya kering juga ketika sudah sampai tujuan.

Setelah lepas helm, aku pikir rambut akan lepek , tapi nyatanya tetep aja mengembang. Terus karena keadaaan darurat harus merapikan rambut sambil jalan dari parkiran ke lobbi, maka alhasil menyisirlah aku dengan jari-jari tangan dalam keadaaan rambut kering. Dan ajaibnya kali ini gak kusut. Tapi karena pulangnya harus naik motor lagi, ya mau gak mau acara keramasnya besok pagi harus diulang lagi.
This entry was posted in

BRI Satelit Perbankan Pertama Di Indonesia


Saya itu boleh dibilang nasabah setianya BRI . Sudah menabung di BRI mulai jamannya Tabungan Nasional ( TABANAS ) yang buku tabungannya cuma selembar aja. Terus Simpedes dan akhirnya punya rekening BRITAMA yang kerenan dikit. Gak peduli dibilang orang kampungan dan gak keren, tapi yang jelas milih BRI karena kantor cabangnya ada deket rumah. Selain itu ada banyak cabang kalau pas ke daerah-daerah.

Tapi sayangnya masalah yang sering saya alami adalah jaringan offline. Kebayang kan kalau sudah antri panjang terus tiba-tiba pas mau dipanggil jaringannya offline. Lha timbang mau nabung aja kok ya susah ya. Tapi tetap saja setia sama BRI karena saya memang tipenya orang yang setia. Susah banget pindah ke lain hati.

Kalau saya sih cukup maklum dengan jaringan yang sering offline ini karena kantor cabang BRI yang banyak banget diseluruh INdonesia, jadi harus didukung oleh jaringan komunikasi yang baik. Untuk membuat jaringan komunikasi yang semakin baik inilah maka BRI memutuskan untuk memiliki satelit sendiri. Keren kan. Ya iyalah keren, karena BRI adalah satu-satunya bank di Indonesia bahkan di ASEAN yang memiliki satelit sendiri.


Bahkan tadi, pihak BRI sat menjelaskan kalau di atas Indonesia adalah wilayah orbit yang paling baik. Ada banyak sekali satelit yang berada di atas INdonesia. Sayangnya hanya ada 6 satelit saja yang dimiliki oleh Indonesia. Termasuk satelitnya BRI ini.

Sekarang yuku kita cari tahu lebih lanjut tentang apa itu satelitnya BRI yang diberi nama BRIsat. Jadi pada tahun 2013 BRI mulai mengeksplorasi kemungkinan untuk memiliki dan mengoperasikan sendiri satelitnya. Kok repot amat ya. Kenapa gak sewa satelit aja sih? Kan lebih murah dan lebih mudah. Gak usah mikirin perawatannya dan pengendaliannya juga.

Jadi karena pelayanan BRI ini sampai ke pelosok Indonesia, maka BRI menganggap kalau satelit adalah teknologi terbaik yang akan mampu mempersatukan nusantara dan membuka akses layanan perbankan bagi semua kalangan. Hingga akhirnya pada tanggal 28 April 2014 BRi resmi menandatangani kontrak proyek satelit BRI. Untuk manufaktur BRIsat ini dilaksanakan oleh Space System/Loral (SS/L) Amerika Serikat. Untuk jasa peluncurannya dilakukan oleh Airnespace Prancis. Di sini juga dilibatkan desain dan pengawasan dari tim BRIsat dan konsultan teknis dari Indonesia.

Untuk proses desai dan manufaktur BRIsat sampai jadwal peluncuran berlangsung selama 25 bulan atau kurang lebih 2 tahun. BRIsat didesain dengan kapasitas 45 transponder dan akan digunakan untuk layanan telekomunikasi perbankan. Ada 10 transponder lagi yang akan dimanfaatkan oleh pemerintah.

Proses peluncuran rencananya dilangsungkan di Kourou, Guyana Prancis pada tanggal 8 Juni 2016 waktu Kourou atau pada tanggal 9 dini hari WIB. Tapi karena alasan teknis dan cuaca yang tidak mendukung, maka peluncuran ditunda sampai Minggu dini hari.

Namun peluncuran kedua pada tanggal 16 ditunda kembali pada tanggal 17 waktu Kourou atau 18 Juni waktu Indonesia karena adanya gangguan koneksi di umbilical dengan bagian atas roket peluncur. Perbaikan pun memerlukan waktu sekitar 24 jam. BRIsat ini akan melakukan perjalanan untuk mencapai tujuan utama yaitu di orbit geostasioner di slot 150.5 E yang berada di langit Papua.

Setelah BRIsat berhasil diluncurkan dan berada di orbitnya, maka baru sekitar bulan Agustus nanti bisa digunakan secara optimal. Semoga dengan adanya BRIsat ini pelayanan BRI gak sering off line lagi ya dan bisa lancar.





Mengenal Lebih Dekat Tentang Trans Pacific Partnership (TPP)


Belum banyak yang tahu tentang apa itu TPP, termasuk saya sebenarnya. Jadi ketika hadir disebuah acara diskusi yang membahas tentang TPP maka saya agak lama untuk bisa nyambung dengan apa yang akan dibahas. Ditambah lagi dengan kehadiran saya yang sedikit terlambat. Untuklah ada sedikit panduan yang bisa saya baca dan sedikit membantu saya untuk tahu tentang apa itu TPP.

Jadi yang namanya TPP itu adalah suatu blok perdagangan terbesar di Asia Pasific yang mendorong kerjasama perdagangan bebas dan liberalisasi di berbagai sektor ekonom. TPP ini mewakili 40% kekuatan ekonomi dunia. Komandan TPP ini adalah Amerika Serikat. Pada tanggal 5 Oktober 2015 berhasil menyatukan 12 negara lainnya yang dilanjutkan dengan ditandatanganinya perjanjian TPP pada tanggal 4 Februari 2016. Keduabelas negara tersebut adalah :

  1. Australia
  2. Brunei Darussalam
  3. Chile
  4. Japan
  5. Malaysia
  6. Mexico
  7. New Zealand
  8. Peru
  9. Singapre
  10. USA 
  11. Korea Selatan 
  12. Vietnam 
TPP ini dibuat untuk mendongkrak perekomian negaranya melalui penghapusan berbagai bentuk hambatan perdagangan dan investasi AS di negara mitra TPP. Selain itu juga untuk menghambat dominasi China di Asia Pasifik. Ini karena China sangat diuntungkan dengan perdagangan bebas.

Ada 10 alasan mengapa Indonesia harus menolak TPP ini, yaitu :

  1. HIlangnya kontrol negara atau sektor publik
  2. Dominasi perusahaan asing dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah 
  3. Memandulkan BUMN bagi kepentingan nasional. 
  4. Hilangnya akses terhadap obat-obatan murah 
  5. Terancamnya kedaulatan pangan dan kedaulatan petani 
  6. Buruh terus tertindas
  7. UKM tergilas
  8. Defisit perdagangan 
  9. Impor undangan-undnag Amerika 
  10. Indonesia digugat korporasi asing senilai trilyunan rupiah. 



Sekolah Karakter Terbaik Itu Bernama Ibu


“Guru pendidikan karakter terbaik di dunia adalah ibu. Ini karena hanya ibu yang bisa mengajar dengan hati. Pendidikan karakter adalah pendidikan dari hati ke hati. Karena karakter yang baik akan terbentuk dari hati yang baik.”

Seandainya semua ibu di negeri ini menyadari bahwa pendidikan terbaik bagi anak-anaknya itu berasal dari dirinya, maka Indonesia ini akan menjadi sebuah bangsa yang besar. Bangsa yang memiliki karakter baik yang akan dihormati dan disegani oleh bangsa lain. Indonesia juga akan menjadi sebuah negara yang aman, sentosa, damai dan makmur.

Pendidikan Karakter Itu Penting Sejak Dini

Entahlah siapa yang salah sebenarnya ketika kita melihat ada pejabat yang tidak bertanggung jawab hingga akhirnya melakukan korupsi besar-besaran. Atau ketika kita melihat banyaknya anak tawuran setelah pulang sekolah. Belum lagi ketika menghadapi kenyataan kriminalitas yang dilakukan oleh anak-anak di bawah umur .

Apakah sekolah yang salah karena tawuran dilakukan pada jam sekolah? Atau apakah Negara yang salah karena memberi kesempatan pejabatnya untuk korupsi? Lalu apakah lingkungan yang harus disalahkan ketika ada anak-anak yang terlibat kriminalitas?

Kalau boleh jujur tentang siapa yang paling bersalah karena semua kejahatan di atas adalah ibu. Pasti akan banyak yang bilang kalau ini tidak adil. Bagaimana bisa seorang ibu yang telah mengandung dan membesarkan anak-anaknya dengan tidak mudah ini kemudian disalahkan atas semua perbuatan anak-anaknya? Apalagi kalau ternyata si anak ini sudah dewasa.

Seharusnya kita menyalahkan si anak yang menjadi koruptor, anak yang suka tawuran juga terlibat kriminalitas. Tapi memang tidak akan pernah ada gunanya kita mencari siapa yang salah. Padahal yang terpenting adalah mencari akar permasalahannya. Yaitu semua tindakan tidak terpuji itu terjadi karena karakter si anak yang tidak baik. Oleh karena itu yang harus diperbaiki adalah karakter si anak. Itu sebabnya pendidikan karakter yang baik  itu penting dilakukan sejak dini.

Sekolah tempat belajar

Bukankah sejak usia dini anak-anak telah dikirim ke sekolah untuk belajar? Apakah guru di sekolah dari jenjang PAUD, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Umum (SMU) bahkan perguruan tinggi tidak pernah memberikan pendidikan karakter? Apakah ilmu yang dipelajari di sekolah itu tidak cukup untuk membangun karakter anak sehingga bisa menjadi manusia yang lebih baik di masa depan dan bisa membangun negeri ini?

Jawabannya adalah, sekolah itu tempat untuk belajar. Di sekolah anak-anak akan mempelajari banyak hal. Pendidikan karakter juga diberikan oleh seorang guru. Tapi pendidikan karakter bukanlah satu-satunya pelajaran yang dipelajari di sekolah. Bahkan tidak ada pelajaran khusus pendidikan karakter ini di sekolah.

Pendidikan karakter hanya tersirat dalam mata pelajaran yang ada. Jadi tidak salah kalau yang difokuskan adalah mempelajari mata pelajaran yang ada. Pendidikan karakter tertulis di kompetensi dasar, penerapannya tidak sepenuhnya bisa dilakukan.

Misalnya saja dalam pelajaran matematika, murid akan fokus pada bagaimana cara berhitung. Sementara karakter peduli pada orang lain dengan memberikan sebagian barang yang dhitung sebagai bantuan pada orang lain jarang diingatkan atau diterapkan.

Pendidikan dari hati 

Karakter itu soal hati. Untuk  membentuk karakter yang baik harus dari hati yang baik juga. Itu sebabnya dalam pendidikan karakter hubungan hati atau hubungan batin sangat berperan. Hanya ibu lah yang memiliki hubungan batin terbaik pada anaknya. Oleh karena itulah pendidikan karakter yang terbaik hanya bisa dilakukan oleh ibu.

Dengan ikatan batin, maka ibu bisa membentuk karakter anak sejak dalam kandungan. Seorang ibu yang membesarkan anaknya dengan penuh kasih sayang maka si anak akan memiliki karakter yang baik. Ketika anak tumbuh semakin besar dan lingkungan memberi pengaruh yang buruk, maka karakter baik yang dibangun oleh ibu sejak dini itu bisa menjadi “tameng” bagi si anak.

Dengan demikian anak tidak mudah terpengaruh oleh karakter-karakter buruk. Ketika semakin dewasa, anak yang dibesarkan dengan pendidikan karakter yang baik juga akan lebih bertanggung jawab menjaga amanah yang diberikan padanya. Jadi ketika menjadi pejabat maka akan mengutamakan kepentingan masyarakat dan merasa sangat berdosa jika memakan harta rakyat alias korupsi.

Anak yang dibesarkan dengan karakter baik, maka dia akan bisa mengendalikan emosi dan menghindari tawuran. Dengan pendidikan karakter yang baik, maka anak juga akan jauh dari kriminalitas. Ini karena mereka tahu benar mana yang baik dan mana yang buruk. Mereka juga tahu mana yang bermanfaat bagi orang lain ataupun yang merugikan orang lain.

Pendidikan Calon Ibu itu Perlu 

Melihat kenyataannya bahwa pendidikan karakter yang terbaik adalah dari seorang ibu, maka sudah saatnya untuk menciptakan ibu yang memiliki karakter baik. Bagaimana pun juga tugas seorang ibu tidak akan berhenti setelah anak beranjak dewasa.  Yang sering terjadi adalah para wanita merasa kalau anaknya sudah menginjak remaja atau sudah menikah maka tugas seorang ibu dianggap sudah selesai.

Padahal ibu tetap akan menjalankan perannya sebagai ibu hingga akhir hayatnya. Karena ibu adalah model kehidupan bagi anak-anaknya. Di balik anak-anak yang hebat pasti ada ibu hebat yang mengasuh dan membimbingnya.

Oleh karena itu perlu pendidikan bagi calon ibu agar nantinya mereka bisa mendidik anak-anak dengan karakter yang baik. Tentu saja pendidikan ini tidak bisa diberikan hanya dalam hitungan minggu atau bulan saja. Ada baiknya sejak anak perempuan menginjak remaja atau duduk di bangkus SMP sudah diberikan pendidikan menjadi calon ibu.

Pendidikan yang diperlukan bagi calon ibu itu diantaranya tentang :

  1. Kesadaran bahwa peran sebagai ibu itu adalah abadi.
  2. Menjalankan peran ibu dengan ikhlas 
  3. Kesabaran ekstra bagi seorang ibu 
  4. Menjadi ibu yang bisa menjadi model atau panutan bagi anak-anaknya 
  5. Ibu sebagai guru di rumah
  6. Ibu sebagai guru pendidikan karakter yang terbaik 
  7. Menjadi ibu siaga
  8. Cara berkomunikasi yang baik dengan anak
  9. Menjadi pendengar yang baik 
  10. Ibu yang menjadi pendoa yang rajin
  11. Peran ibu sebagai motivator yang handal bagi anak-anaknya
  12. Ibu yang rela berkorban 
  13. Ibu yang bertanggung jawab menjalankan tugasnya 
  14. Ibu yang bisa membuat keputusan penting 
  15. Bermain dengan anak 
  16. Memahami pilihan anak 
  17. Cara mengendalikan diri 

Menjadi ibu itu memang tidak mudah. Tapi seorang ibu dengan karakter baik akan bisa mendidik anak dengan baik dan menghasilkan anak-anak yang berkarakter baik pula. Tidak ada guru pendidikan karakter yang terbaik di dunia ini selain ibu. Jadi sudah saatnya para ibu menyadari betapa besarnya peran seorang ibu bagi anak-anak dan bangsa ini.


Selasa, 28 Juni 2016

Hidup Mudah Dengan Dompet Elektronik


Gathering blogger kali ini bersama dengan Bank Central Asia (BCA) yang ingin mengedukasi masyarakat tentang keamanan dan kenyamanan. Kali ini blogger banyak mendapat ilmu tentang membuat video blogging yang disampaikan oleh Vloger Reza Sadha. Juga pengetahuan tentang produk BCA yang memudahkan bertransaksi yaitu "Sakuku" yang disampaikan oleh bapak Prima Utama Imanuel selaku perwakilan dari BCA.

Jadi kalau dulu kita berbelanja memakai uang tunai. Kemudian berlanjt dengan memakai kartu, baik itu kartu kredit, kartu debet , kartu atm , kartu uang elektronik. Hanya saja semua kartu-kartu ini akhirnya membuat dompet menjadi tebal dan cepat rusak.

Sementara itu di masa yang akan datang, dunia perbankan dikuasai oleh generasi Y yang akrab dengan dunia digital dan aplikasi. Oleh karena itulah semua kegunaan kartu-kartu yang bermacam-macam itu dikumpulkan menjadi satu menjadi sebuah aplikasi perbankan yang memudahkan masyarakat dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat. Namanya "Sakuku". Sebuah aplikasi dompet elektronik di smartphone persembahan dari BCA.


Sakuku BCA merupakan dompet elektronik yang diakses melalui aplikasi smartphone dan dapat digunakan untuk berbagai transaksi perbankan. Nomor akun Sakuku ini adalah nomor HP yang kita miliki, jadi akan mudah diingat. Untuk memiliki Sakuku caranya sangat mudah yaitu:

  1. Siapkan smartphone android (OS 4.0 ke atas) atau iPhone (iOS 7.1 ke atas) 
  2. Download aplikasi Sakuku dengan Google Play atau App Store 
  3. Isi data diri dan verifikasi 
  4. Buat pin sakuku 
  5. Sakuku akan langsung aktif 
  6. Top up saldo 
Sebelum diregristrasi, maka Sakuku ini hanya bisa menyimpan saldo masksimal 1 juta rupiah saja. Sama halnya dengan Sakuku model lama yang dilaunching pertama sejak 28 September 2015. Sedangkan Sakuku yang baru yang dilaunching pada 29 Februari 2016 bisa diupgrade hingga saldo maksimal Rp 5 juta asalkan diregristrasi terlebih dahulu. 

Untuk regristrasi Sakuku bisa dilakukan di semua cabang BCA terdekat bagi non nasabah BCA. Jika sudah menjadi nasabah BCA maka regristrasi bisa dilakukan dengn menggunakan ATM ataupun mobile banking BCA. Kelebihan dari sakuku yang telah diregristrasi atau sakuku plus ini selain saldo maksimalnya lebih besar juga bisa digunakan untuk menarik uang tunai di ATM BCA, cash in via BCA mobile.

Selain itu Sakuku plus juga bisa untuk Split bill dan transfer. Split Bill itu adalah membagi tagihan dengan teman sesama pemilik akun Sakuku. Jadi misanya kita makan bersama, maka kita bisa membayar dengan langsung membagi jumlah pembayaran pada masing-masing teman langsung dengan Sakuku. 

Sakuku maupun Sakuku Plus ini bisa digunakan untuk : 
  1. Melihat informasi saldo 
  2. Mutasi transaksi 
  3. Pembayaran belanja 
  4. Isi pulsa 
Top up atau setoran maksimum yang bisa dilakukan dalam satu bulan adalah sebesar Rp 20 juta/bulan. Untuk setoran awal dan setoran minimun berikutnya adalah sebesar Rp 10 ribu. Utuk pengisian pulsa maksimal Rp 1.100.000/hari. Jika ingin transfer atauppun split bill maka minimunnya adalah sebesar Rp 5 ribu/hari. Untuk penarikan tunai melalui ATM BCA maka maksmial yang bisa dilakukan adalah sebesar Rp 1.250.000/hari dengan kelipatan Rp 50 ribu. Top up maksimal adalah sebesar Rp 5 juta /hari. 

Jadi sekarang itu sudah tidak jamannya lagi kalau dompet tebal artinya banyak uang. Bisa saja orang yang banyak uang justru tidak punya dompet tapi cukup punya HP. Kalau pepatah sekarang bilangnya "lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan HP" 








Braised Chicken With Couscous


Bosan ya dengan menu masakan yang itu-itu saja? Kalau begitu menu ala Maroko ini bisa dicoba. Ada couscous sebagai pengganti nasi di sini. Untuk ayamnya dimasak dengan cara ditumis bersama bumbu dan saus. Sedangkan couscous dimasak bersama aneka bahan sehingga beraroma dan kaya rasa.

Buat yang belum tahu apa itu couscous aku mau kasih tahu sedikit ya. Jadi couscous itu adalah makanan utama di negara Maroko juga Aljazair, Tunisa dan Libya. Couscous ini terbuat dari tanaman yang masih satu keluarga dengan padi. Kalau di Indonesia, couscous ini dikenal sebagai Bulgur.

Bulgur atau gandum mentah ini dipecah hingga menyerupai tepung gandum kasar (semolina). Karena kandungan serat yang tinggi, maka couscous ini cocok dikonsumsi oleh penderita jantung, diabetes dan juga kolesterol.

Bahan :
  • 150 gram paha ayam filled 
  • 10 gram minyak 
  • 2,5 gram tepung terigu 
  • 7,5 gram pasta tomat
  • 12 gram bawang bombay dicincang kasar
  • 7,5 gram seledry . dicincang kasar
  • 12 gram wortel, di potong dadu kecil-kecil 
  • 1 siung bawang putih , dicincang kasar
  • Thyme secukupnya
  • Bay leaf secukupnya
  • 100 gram kaldu ayam block 
  • 2 gram garam
  • lada putih bubuk secukupnya
Cara membuat : 
  1. Panaskan ayam di atas pan hingga berwarna coklat. 
  2. Taburkan tepung di atas ayam
  3. Masukkan air kaldu ayam 
  4. Tumis bawang, wortel, seledri dan masukkan pasta tomat
  5. Masukkan semua bahan dan masak dengan api kecil. 
Bahan untuk memasak couscous 
  • 50 gram couscous, masak dengan air panas.
  • 50 gram air. 
  • 30 gram timun kyuri diiris-iris. 
  • 30 gram tomat, dibuang bijinya dan diiris-iris.
  • lemon jus secukupnya 
  • 30 gram parsley dicincang kasar. 
  • 15 ml extra virgin olive oil. 
Cara memasak : 
  • Campurkan couscous dengan olive oil, garam dan lada, tutup rapat agar meresap.  
    *Catatan : yang digunakan di sini adalah couscpus instan 


    Senin, 27 Juni 2016

    Pentingnya Gizi Seimbang Untuk Keluarga


    Ketika berpuasa yang sering terjadi pada kita adalah kekurangan cairan dan kelebihan nutrisi. Soal kelebihan makan ini terjadi karena lapar mata di saat berbuka puasa, jadi maunya semua makanan disantap seolah balas dendam karena gak makan seharian.

    Kali ini Danone mengajak pra blogger bincang gizi tentang bagaimana caranya agar nutri dan air seimbang saat puasa dan hari raya nanti. Dalam kesempatan ini dihadirkan nara sumber yang kompeten dibidangnya yaitu DR.dr Inge Permadhi MS, SpGK(K) (dr Inge) yang akan membahas pentingnya gizi seimbang untuk keluarga.

    Sebelum acara dimulai, Bapak Arifin Mujahidin selaku Communication Director Danone membuka acara. Beliau menyampaikan tujuan diadakannya Blogger Gathering di Locanda Cafe pada hari sabtu tanggal 24 Juni 2016 ini adalah agar bloggr mndapatkan informasi yang valid tentang kesehatan keluarga. Oleh karena itulah diundang juga pakar yang kompeten dibidangnya.

    Danone ingin agar masyarakat Indonesia mendapatkan informasi yang kredible dan mudah diserap. Diharapkan nantinya informasi ini dibagikan oleh blogger dan bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak juga untuk menutup informasi yang bersifat Hoax yang banyak beredar di media sosial.


    Kini tiba giliran dr Inge membawakn materi tentang pentingnya Gizi Seimbang untuk Keluarga. Pada dasarnya kecukupan cairan akan membuat badan tetap fit dalam beraktifitas. Saat berpuasa, orang rentan akan dehidrasi karena konsumsi airnya terbatas. Oleh karena itu ada baiknya pada saat berbuka kita mengatur porsi minum agar air air yang diminum tidak hilang dengan percuma.

    Malnutrisi 

    Masalah lain adalah tentang malnutrisi. Di mana malnutrisi ini bukan hanya soal kurang gizi, tapi juga soal obesitas. Malnutrisi itu bisa dibilang salah nutrisi. Yang namanya salah itu bisa kurang nutrisi atau bahkan nutrisi yang berlebih. Dampak jangka panjang dari malnutrisi ini adalah intelegensi yang rendah, hipertensi, diabetes, obesitas juga stroke. Situasi malnutrisi di Indonesia saat ini adalah double burden yaitu stunting dan obesity.

    Dampak dari kurang gizi antara lain bisa dilihat di bawah ini:

    Dampak Jangka Pendek :

    1. Perkembangan otak tidak optimal 
    2. Pertumbuhan Fisik tidak optimal 
    3. Perkembangan organ metabolik tidak optimal 
    Dampak Jangka Panjang ini adalah kelanjtan dari dampak jangka pendek
    1. Berkurangnya kemapuan logika dan berpikir 
    2. Stuntiing pendek 
    3. Hipertensi, Diabetes, Obesitas, Penyakit Jantung, Stroke 
    Ketika berpuasa maka kadar gula dalam tubuh rendah dan ini akan menyebabkan pusing. Oleh karena itu pada saat berbuka dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan atau pun minuman yang manis. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah jangan mengkonsumsinya  secara berlebihan. Ini karena kadar gula yang tinggi akan merusak organ tubuh. 

    Obesitas

    Obesitas bisa menyebabkan penyakit tidak menular (PTM) . Berikut ini adalah gambaran PTM di Indonesia: 
    • Prevalensi PTM 26%
    • Penduduk lebih dari 15 tahun mengalami kelainan profil lipid, di mana 36% kolesterol di atas normal dan 76,2% LDL tidak optimal. 
    • Prevalensi hipertensi 9,5% ( pada tahun 2007 hanya 7,6%)
    • Stroke 12 per 1000 (pada tahun 2007 hanya 8 pr 1000) 
    • Jantung koroner yang terdiagnosis dokter 1,5%
    • Diabetes Melitus 2,1% (pada tahun 2007 hanya 1,1%)

    Di Indonesia ada 13,5% orang yang memiliki berat badan lebih, 15,4 % obesitas dan 26,6% mengalami obesitas sentral. Dengan keadaan seperti ini maka akan banyak penyakit tidak menular yang akan hinggap di dalam tubuh.

    Untuk mengetahui tinggal obesitas maka kita bisa menggunakan lingkar perut. Lingkar perut wanita harus kurang dari 80 cm dan laki-laki kurang dari 90 cm. Ini berlaku untuk semua orang berapa pun tingginya. Kita juga bisa menghitung lingkar pinggang dengan cara menghitung jumlah nomer celana X 2,5 cm.

    Mencegah Obesitas dimulai dari Keluarga.

    Waspada terhadap obesitas itu penting karena obesitas sentral lebih berbahaya dan banyak menimbulkan penyakit. Untuk mencgah obsitas bisa dimulai dari keluarga.

    Jadi apa saja peran keluarga dalam pemenuhan gizi seimbang?

    1. Orang tua sebagai contoh sejak dini 
    2. Makan bersama seluruh keluarga 
    3. Cukupi kebutuhan kalori dengan makanan sehat bergizi seimbang bagi seluruh keluarga. 
    4. Cukupilah kebutuhan cairan 
    5. Minumlah susu sebagai bagian dari gizi seimbang. 
    Diperluka upaya perbaikan gizi yang mencakup seluruh kelompok siklus hidup dalam keluarga. Ini karena keluarga merupakan unit terkecil yang memiliki peran penting untuk pemenuhan kebutuhan gizi anggota keluarganya. Berawal dari keluarga maka kesehatan keluarga akan terjaga dan terhindar dari penyakit tidak menular. 

    Hal-hal nyata yang bisa dilakukan diantaranya adalah ibu emmbawakan bekal untuk suami ke kantor juga anak-anak ke sekolah. Dengan demikian nutrisi yang ada bisa terus dikontrol. Membiasakan makan bersama akan lebih baik karena ketika makan bersama akan makan masakan ibu dengan gizi yang yang terkendali tentunya. 


    Indeks Masa Tubuh

    Untuk mengetahui tingkat obesitas maka kita perlu mengetahui Indeks Masa Tubuh (IMT). Cara menghitungnya adalah :

    IMT = Berat Badan (kg) / TInggi Badan (cm)

    Jika IMT kita  :

    • kurang dari 18 = underweigth 
    • 18,5 s/d 22,9 =  normal 
    • 23 s/d 24,9 = overweight 
    • 25 s/d 29,9 = obese 1
    • > 30 = obese 2 
    • > 40 = Morbid obese
    Tumpeg Gizi 

    Jumlah kalori yang masuk dalam tubuh harus sama dengan aktifitas tubuh. Untuk itulah pemerintah mengeluarkan tumpeng gizi untuk pemenuhan gizi seimbang. Peraturan pemerintah tentang tumpeng gizi ini tertuang dalam Permenkes RI no.41 tahun 2014. 


    Dalam tumpeng gizi kita bisa melihat konsumsi karbohidrat hanya 1/4 bagian saja dari keseluruhan kebutuhan nutrisi. Yang perlu diingat adalah jangan makan karbohidrat double dalam sekali makan. Seperti misalnya nasi sama mie goreng. Ketika disebut sebagai malnutrisi maka sesungguhnya yang terjadi adalah kekurangan protein. Kita harus mengkonsumsi protein sekitar 1 gram/kg berat badan dengan IMT normal. misalnya orang dengan berat badan 50 kg maka kebutuhan protein baginya adalah sebesar 50 gram. 

    Mengapa harus mengkonsumsi Air yang mengandung mineral? 

    Ketika hamil, maka porsi cairan harus dipenuhi agar perkembangan janin bisa maksimal. Ini karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Karena itu jika kekurangan air akan memperlambat kerja sel-sel dan otot-otot tubuh. Air yang dikonsumsi harus aman dan tidak mengandung zat berbahaya seperti cemaran pestisida. Air bermineral adalah air yang paling baik untuk dikonsumsi oleh tubuh. 

    Yuk kita lihat apa saja sih fungsi mineral di dalam tubuh sehingga kita harus mengkonsumsi air yang mengandung mineral : 
    1. Fluorida - berguna untuk mencegah karies dan menjaga kesehatan gigi 
    2. Natrium - untuk mendukung keseimbangan carian dalam tubuh 
    3. Kalium - untuk mendukung proses transmisi saraf dan konraksi otot 
    4. Magnesium dan Kalisum - untuk mendukung kesehatan jantung dan pembuluh darah 
    5. Silika - untuk mendukung kesehatan kulit dan menjaga integritas tulang 
    6. Zink - berperan sebagai koaktivator dalam 300 lebih reaksi enzim dalam tubuh 
    Aneka Tips Dari Danone 
    1. Penambahan porsi susu diperlukan jika asupan gizi dalam tubuh dirasa kurang terutama untuk komsumsi protein. 
    2. Menjelang buka puasa gula darah pasti turun sekali karena tubuh butuh banyak air. Jadi jangan sampai kita dehidrasi. 
    3. Untuk mengetahui tingkat dehidrasi dalam tubuh bisa dengan memeriksa urine. 
    4. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi di saat puasa, maka setelah pulang taraweh jangan lupa mengkonsumsi sayur dan buah. 
    5. Kekurangan cairan dalam tubuh juga bisa mengakibatkan sembelit dan gagal ginjal. JAdi minum minimal 8 gelas sehari dengan rumus 2-4-2. 
    6. Asupan cairan juga tidak hanya dari air putih saja, tapi bisa juga dari ice cream, jus dll. 
    7. Kebutuhan standar air putih adalah 2 liter per hari. 
    8. Danone percaya bahwa makanan dan minuman adalah untuk membangun kesehatan, itu sebabnya Danone menyediakan produk gizi khusus. 
    9. Menurut Pak Arif, misi danone adalah "Bring Healthy food as many people as possible" 
    10. Makanan dan minuman yang sehat adalah penunjang hidup utama 
    11. Tips menimbang badan dari dr Inge : menimbang badan seminggu sekali pada hari yang sama, jadi kalau rabu ya setiap rabu kita harus menimbang badan. Lakukan penimbangan badan setelah BAB. Gunakan timbangan badan. 
    12. CSR Danone telah mendukung Bakti Kesehatan Rakyat dengan membrikan 150 ton susu untuk masyarakat Indonesia di pulau-pulau terluar. Kegiatan ini telah dilakukan selama 3 tahun bersama dengan Menkokesra. 
    13. Untuk edukasi masyarakat, Danone juga memiliki taan pintar di Jogjakarta. 
    14. Menabung kalsium bagi tubuh bisa kita lakukan hingga usia 30, setelah itu yang akan terjadi hanyalah perombakan kalsium saja. 
    15. Asupan protein yang kebanyakan akan dibuang oleh tubuh melalui ginjal. Proses pembuangan protein lewat ginjal yang terus menerus akan mengakibatkan kerusakan pada ginjal. Oleh karena itu ibu harus jeli membaca komposisi makanan dalam kemasan, seperti susu misalnya.
    16. Penting untuk membiasakan anak-anak mengkonsumsi air putih sejak usia dini
    17. Untuk mengetahui dehidrasi bisa dilakukan dengan pemeriksaan urin. Jika urin pekat itu tandanya kekurangan cairan.







    Kamis, 16 Juni 2016

    Sambal Terasi


    Yang namanya makan itu rasanya gak nendang kalau gak pake sambel. Salah satu sambel favoritku adalah sambel trasi yang digoreng. Rasanya tidak begitu pedas karena dicampur dengan tomat. 

    Sambel trasi ala-ala diriku ini rasanya sedikit manis karena menggunakan cabe keriting dan ditambah juga dengan gula merah. Maklumlah orang Jawa itu selalu suka yang manis. Jadi walaupun makan sambal pedas tapi rasa manis gak boleh ketinggalan. 


    Kalau mau nyicipi sambel trasi buatanku, bikin sendiri aja ya di rumah. Ini resepnya : 

    Bahan : 
    Cabe keriting 15 buah 
    Tomat 1 buah 
    Bawang merah 3 siung 
    Bawang putih 2 siung 
    Trasi 1 x1 cm 
    Gula merah 2 ruas jari 
    garam 1/4 sdt 
    Minyak untuk menggoreng 2 sdm 

    Cara Membuat : 

    1. Potong-potong cabe dan tomat agar mudah diuleg nantinya. 
    2. Panaskan minyak dan goreng cabe, tomat, bawang merah, bawang putih juga trasi. 
    3. Angkat cabe dan yang lainnya dari penggorengan. Biarkan sejenak hingga dingin. 
    4. Haluskan dengan cobek dengan menambahkan garam dan gula merah. 
    5. Goreng kembali sambal trasi yang telah halus dengan minyak yang sama untuk menggoreng cabe tadi. 
    6. Masak hingga harum. Angkat dan sajikan. 

    Rabu, 15 Juni 2016

    Perempuan Pintar Menjadi Ibu Pintar


    "Jadi perempuan itu harus pintar jadi nanti bisa jadi ibu pintar yang melahirkan anak-anak pintar " Begitu kata eyangku dulu ketika aku masih kecil. 

    Awalnya dulu aku berpikir kalau aku harus menjadi juara kelas dan sekolah tinggi. Jadi ketika menikah dan punya anak maka anak-anakku juga akan pintar. Dan itupun menjadi kenyataan. Tapi ketika aku duduk di bangku SMU dan akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, maka pikiran itu sedikit demi sedikit berubah.

    "Aku sudah sekolah tinggi, lalu mengapa aku hanya menjadi seorang ibu yang mengurus anak di rumah? Mengapa aku tidak bekerja di kantor yang megah dengan gaji yang tinggi dan baju yang keren?"

    Pikiran itu pun selalu ada hingga aku menyelesaikan pendidikan di sebuah perguruan tinggi. Hingga akhirnya aku memutuskan untuk menikah dan bekerja di sebuah lembaga pendidikan. Karirku bagus dan aku pun memiliki anak. Aku tidak lupa pada pesan eyangku, karena dari ilmu yang aku pelajari maka aku menganggap bahwa anakku-anakku nanti pasti akan pintar karena keturunan ibu dan bapaknya pintar.

    Anak Pintar  Hasil Didikan Ibu Pintar.

    Tapi nyatanya tidak demikian. Anak pertamaku tidak pintar dalam hal akademis dan ini terlihat ketika dia masih duduk di bangku TK. Karena aku bekerja di bidang pendidikan dan aku banyak belajar tentang pendidikan, maka akupun tidak mempermasalahkan soal kekurangan bidang akademis anakku. Bahkan aku tidak pernah menyuruh anakku les membaca dan menulis seperti anak-anak lain di sekolahnya.

    Namun seiring dengan berjalannya waktu, maka aku merasa bahwa aku perlu mengarahkan anak-anakku untuk menjadi pintar. Ketika duduk di bangkus Sekolah dasar anakku tidak tahu dia ingin menjadi apa. Tapi aku tahu kalau dia suka menggambar. Ketika anakku menginjak sekolah menengah pertama dia juga masih belum tahu akan sekolah kemana. Dan aku harus memberi arahan dia bisa sekolah kemana untuk menjadi apa.

    Saat itulah aku menyadari apa arti pesan dari eyangku. Memang benar adanya seorang ibu yang pintar akan menjadikan anak-anaknya pintar juga. Ini karena anak yang pintar bukanlah anak yang selalu menjadi juara kelas. Tapi anak yang pintar adalah yang bisa mengatasi segala  rintangan dalam kehidupannya. Anak yang pintar harus cerdik dan pandai dalam menghadapi segala hal dalam kehidupan. Dan anak yang pintar bisa dihasilkan dari didikan seorang ibu yang pintar.

    Ibu Yang Pintar Adalah Perempuan Pintar

    Untuk menjadi ibu yang pintar memang harus seorang perempuan yang pintar. Lalu apakah hanya perempuan yang memiliki kesempatan belajar di sekolah tinggi saja yang berkesempatan menjadi perempuan pintar? Tentu saja tidak.

    Kalau dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang namanya pintar berarti pandai, cakap, cerdik, banyak akal dan mahir melakukan sesuatu. Jadi perempuan pintar itu adalah perempuan yang banyak akal sehingga cakap dalam segala hal dan mahir dalam melakukan sesuatu. Untuk menjadi seorang yang cerdik pandai dan mahir dalam suatu hal maka perempuan memang harus belajar.

    Lalu dimanakah seorang perempuan bsia belajar untuk bisa menjadi pintar?

    Belajar bisa dilakukan di mana saja , kapan saja dan dengan siapa saja. Belajar tidak harus di sekolah yang hebat dengan guru yang hebat. Tapi belajar bisa saja dilakukan di kampung dengan guru seorang anak kecil atau orang tua sekalipun. Lho kok bisa?

    Ya bisa dong. Misalnya gini, seorang perempuan yang ingin pintar memasak, maka dia tidak harus belajar masak di sekolah ataupun perguruan tinggi jurusan Tata Boga . Seorang perempuan bisa belajar memasak pada ibunya atau mertuanya atau tetangganya yang sudha berpengalaman memasak sejak dulu.

    Seorang perempuan yang pintar tentu saja tidak pelit ilmu. Dia pasti akan dengan sennag hati membagi ilmu yang dimilikinya pada perempuan lain. Jadi yang namanya perempuan pintar itu tidak hanya pintar dalam hal tertentu saja. Yang namanya perempuan pntar itu harus cakapdalam bersosialisasi dengan lingkungannya, memiliki karakter pribadi yang baik, yag peduli pada orang lain di sekitarnya. Perempuan pintar juga harus mahir dalam menghadapi segala permasalahan yang dia hadapi.








    Jumat, 10 Juni 2016

    Kunci Sukses Alumni Sampoerna Academy


    Saat ini Indonesia sudah menjadi bagian dari Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), di mana tenaga kerja asing bisa dnegan mudah bekerja di Indonesis. Begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu kualitas pendidikan menjadi satu hal utama yang harus dilakukan jika ingin bangsa Indonesia ini maju. Indonesia itu negara besar dan kaya, ironisnya kualitas pendidikan Indonesia adalah yang paling buruk diantara negara ASEAn lainnya.

    Bu Nenny Soemawinata selaku Chief Executive Officer Putera Sampoerna Foundation menegaskan tentang pentingnya pendidikan berkualitas. Selama ini untuk mendapatkan pendidikan berkualitas orang tua harus menyekolahkan anak-anak mereka ke luar negeri. Tentu saja biaya yang dikeluarkan juga sangat mahal karena bukan hanya biaya sekolah tapi juga biaya hidup. Jadi Sampoerna Schools  ini sangat membantu orang tua dalam memilih sekolah bagi anaknya dengan kualitas luar negeri dantapi budget dalam negeri.


    Indonesia memiliki 113 juta generasi muda, dan prediksi itu hanya bisa terwujud jika semua generasi muda itu memiliki ketrampilan dan kemampuan yang didapat dari pendidikan berkualitas. Tapi kenyataannya bahwa sistem pendidikan Indonesia itu ada di bawah Vietnam. Ironis ya, padahal Vietnam dulu kan pernah belajar dari Indonesia waktu baru-baru saja merdeka.

    Para lulusan Sampoerna Academy memang dipersiapkan untuk siap kerja. Tempat bekerjanya pun diprioritaskan adalah Multinatioal Company karena murid Sampoerna Academy telah mengenyam pendidikan dengan standar Internasional sehingga pintar dalam berbahasa Inggris. Yuk kita lihat bagaimana profil beberapa alumni Sampoerna Academy, baik yang sudah bekerja maupun masih mengenyam pendidikan lanjutan mereka di luar negeri.

    1. Asmaul Husna Indah (Asma)


    Setelah menyelesaikan studinya di Sampoerna Academy, Asma berkesempatan melanjutkan studinya di jurusan Teknik Kimia Texas Tech University yang merupakan universitas dengan program teknik kimia terbaik di Amerika. Saat ini Asma aktif di chemical engineering car team yang membuat prototype mobil dengan bahan bakar reaksi kimia.

    2. Edo Nugroho Saragih 


    Edo yang berasal dari Pematang Siantar Sumatera Utara ini berhasil mendapat beasiswa penuh jurusan ekonomi di University of Kansas Amerika Serikat. Sekarang Edo sedang magang kerja di Coca Cola Amatil Indonesia untuk belajar di bidang procurement.

    3. Fitriyanty


    Lulus dari Sampoerna Academy Malang dengan beasiswa Sampoerna Foundation. Kemudian melanjutkan ke West Virginia University mengambil International Business (major program) dan Women & gender Studies (minor program). Selama kuliah Fitri aktif di board of governor students government association (semacam badan eksekutif mahasiswa di Amerika serikat). Saat ini tengah apply pekerjaan ke beberapa tempat salah satunya di HM Sampoerna sebagai Management Trainee.

    4. Rizky Nur Zairina 


    Aktif mengikuti kegiatan volunteering dan charity ketika mengenyam pendidikan di jurusan Industrial Engineering di West Virginia University Amerika Serikat. Dalam bidang organisasi, Rizky juga terpilih menjadi anggota Mortar Board Laurel Chapter yaitu perkumpulan 50 mahasiswa terbaik di kampus bahkan menjadi founder dari International Student engineering Association (ISEA) yaitu lembaga yang membantu mahasiswa dalam urusan perkuliahan.

    Setelah melihat alumni dari Sampoerna Academy, maka terlihat jelas bahwa pendidikan yang diberikan pada Sampoerna Academy ini bukan hanya pada akademis saja. Tapi juga kemampuan personal, sosial juga vocasional.

    Kamis, 09 Juni 2016

    Menjadi Wanita Hebat


    Judul : Madrasah itu bernama ibu
    Penulis : Abdul Cholik
    Penerbit : Quanta (Imprint Elex Media Komputindo)
    Terbit : 2016
    ISBN : 9786020278247

    Dibalik laki-laki yang hebat pasti ada wanita hebat yang mendampinginya. Di balik anak-anak yang hebat pasti ada ibu hebat yang mengasuh dan membimbingnya. Ini sudah terbukti pada penulis buku "Madrasah itu bernma ibu". Di balik kesuksesan dan kerendahan hatinya ada seorang ibu yang selalu dibanggakan oleh Pakde Cholik ini.

    Buku "Madrasah itu bernama ibu" ini bukan sekedar buku "How To" menjadi seorang ibu yang hebat. Di sini ada contoh-contoh kasus yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. JAdi apa yang ada di sini bukan sekedar teori.

    Begitu membuka halaman pertama saya langsung terkesan pada judul di awal yang sangat mengena yaitu "Masa Keibuan Memang Abadi". Ini benar adanya dan selama ini bisa saja jarang disadari oleh para ibu.Yang sering terjadi adalah para wanita merasa kalau anaknya sudah menginjak remaja atau sudah menikah maka tugas seorang ibu dianggap sudah selesai. Padahal ibu tetap akan menjalankan perannya sebagai ibu hingga akhir hayatnya. Karena ibu adalah model kehidupan bagi anak-anaknya.

    Ada 40 kiat menjadi ibu hebat yang diulas dalam buku ini. Seperti bagaimana menjadi ibu siaga yang siap mendampingi anaknya ke mana saja dan kapan saja. Juga ibu sebagai pendoa yang rajin. Berdoa bukan saja untuk dirinya sendiri tapi juga untuk kesuksesan dunia akhirat anak-anaknya.
    This entry was posted in

    Rabu, 08 Juni 2016

    Bayi Sehat Alami dengan Asi


    WHO juga pemerintah Indonesia sepakat untuk mempromosikan air susu ibu (ASI) sebagai metode terbaik dalam memberikan gizi pada bayi. Sayangnya kesibukan ibu dan kurangnya pengetahuan atas manfaat ASI membuat pemberian ASI eksklusif masih rendah di Indonesia. Yaitu 54,3 % berdasarkan survei Kemkes 2013.Faktanya adalah betapa pun mahalnya susu formula tidak akan pernah bisa menggantikan kelengkapan nutrisi yang terkandung dalam ASI.

    Hanya saja wanita modern masih ada saja yang takut payudaranya menjadi kendur akibat menyusui sehingga akan merusak penampilan. Padahal payudara yang kendur itu disebabkan oleh proses penurunan berat badan setelah hamil ataupun penuaan dini. Selain itu masih adanya anggapan bahwa menyusui hanya bisa dilakukan oleh sebagian wanita dengan ukuran payudara tertentu yang bisa memproduksi ASI. Padahal ukuran payudara tidak mempengaruhi jumlah ASI yang diproduksi sehingga hampir semua wanita bisa memberikan ASI.

    Mengenal Lebih Dekat Tentang Menyusui dan Laktasi 

    Selain menyusui kita juga sering mendengar istilah "Laktasi".

    Apa itu laktasi?
    Apakah laktasi sama dengan menyusui? 

    Menyusui itu adalah memberikan susu kepada bayi langsung dari payudara ibu. Dalam proses menyusui ini bayi akan menghisap secara refleks air susu ibunya. Seorang bayi bisa saja disusui sendiri oleh ibunya atau wanita lain. Seperti misalnya Nabi Muhammad saw yang disusui oleh ibu susunya.  Selain diberikan langsung ASI juga dapat diperah dan diberikan kepada bayi dengan botol, pipet ataupun sendok.

    Sedangkan laktasi merupakan proses produksi, sekresi dan pengeluaran ASI. Jadi pada saat bayi menghisap payudara, maka hormon yang bernama oksitosin akan membuat ASI mengalir dari dalam alveoli melalui saluran susu (milk canals) menuju reservoir susu (sacs) yang berada di belakang areola dan berlanjut ke dalam mulut bayi.

    Lalu bagaimana dan sejak kapan ASI bisa ada di payudara ibu?   

    Secara alami tubuh wanita akan memproduksi hormon yang akan menstimulasi mnculnya ASI dalam sistem payudara. Ini mulai terjadi pada bulan ketiga pada masa kehamilan.  Hormon progesteron akan mempengaruhi pertumbuhan dan ukuran alveoli. Hormon estrogen akan menstimulasi sistem saluran ASI dan membesar.

    Payudara akan siap memproduksi ASI pada bulan kelima dan keenam kehamilan. Pada fase terakhir kehamilan payudara akan memproduksi kolostrum, yaitu cairan kental dan kekuningan. Ada kalanya ibu hamil mengeluarkan kolostrum sebelum lahirnya bayi, namun ini tidak bisa jadi patokan banyaknya produksi ASI yang sebenarnya nanti.

    Keluarnya plasenta pada saat melahirkan akan menurunkan tingkat progesteron dan estrogen. Pada saat ini hormon prolaktin tetap tinggi sehingga menyebabkan produksi ASI secara besar-besaran. Pada saat ini hindari KB hormonal berbasis estrogen karena bisa mengurangi jumlah produksi ASI. Hormon prolaktin juga keluar dalam ASI. Kadar prolaktin dalam susu lebih tinggi ketika ASI lebih banyak yaitu pada jam 2-6 pagi.

    Pada saat payudara terasa penuh, maka saat itulah hormon prolaktin berada pada level rendah. Untuk meningkatkan level prolaktin dalam darah maka payudara perlu dirangsang. Produksi ASI sebenarnya tidak langsung setelah melahirkan namun sekitar 50-73 jam (2-3 hari) setelah melahirkan. Sebelum ASI yang sebenarnya ini keluar, bayi akan mengkonsumsi kolostrum yang mengandung sel darah putih serta anti body yang tinggi daripada ASI sebenarnya.

    Mengapa Harus Menyusui?

    Bukankah sekarang banyak dijual susu formula yang dilengkapi dengan aneka vitamin yang bisa membuat anak menjadi pintar, kuat dan lain sebagainya? Jadi mengapa harus menyusui? Apa kelebihan menyusui di banding dengan susu instan?

    Berikut ini adalah alasannya mengapa menyusui itu jauh lebih baik dibanding menggunakan susu instan: 

    1. Asi itu gratis tidak perlu membeli sudah tersedia dengan jumlah yang berlimpah. 
    2. Asi itu mampu menghindarkan bayi dari berbagai penyakit maupun infeksi. 
    3. Asi itu memang satu-satunya makanan yang disediakan oleh Tuhan khusus untuk bayi. 
    4. Asi itu adalah makanan sekaligus minuman bagi bayi yang suhunya sudah sangat tepat untuk bayi. Jadi tidak terlalu panas atau dingin. 
    5. Asi itu selalu tersedia di mana saja si bayi dan ibu berada dan bisa dinikmati kapan saja. Tanpa harus repot-repot menuang dan mencampurkan dnegan apapun juga. 
    6. Ketika menyusui maka hubungan batin antara ibu dan bayi menajdi lebih dekat. 

    Lalu apa manfaat menyusui bagi ibu dan bayinya? 

    Manfaat ASI Bagi Bayi
    1. Bayi akan mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya pada ASI. 
    2. ASI lebih mudah dicerna oleh perut bayi dibanding dengan susu formula. 
    3. ASI membuat bayi dan anak jarang sakit karena mengandung antibodi yang bisa membantu melawan aneka bakteri dan virus penyebab aneka penyakit. 
    4. ASI bisa meningkatkan kualitas  IQ anak. Jadi anak yang mengkonsumsi ASI akan tumbuh menjadi anak yang pintar dan cerdas. 
    5. ASI mengurangi resiko muntah akibat pemberian makanan atau susu formula yang tidak tepat. 
    6. ASI itu mampu mengurangi resiko penyakit berat pada bayi seperti pernapasan, infeksi  telinga dan dada, kelainan kronis pada kulit dll. 
    7. ASI mampu mengurangi resiko obesitas pada anak. . 
    Manfaat ASI bagi ibu
    1. Menyusui akan menurunkan risiko kanker ovarium, kanker payudara juga osteoporosis. 
    2. Menyusui bisa menghemat uang belanja. KAlau rata-rata setiap bulannya bayi mengkonsumsi 5 kaleng susu formula @800 gram dengan harga Rp 100 ribu/ kaleng maka penghematan yang bisa dilakukan dalam satu bulan adalah Rp 500.000. JIka harga susu kaleng yang dipilih lebih tinggi , maka penghematan yang bisa dilakukan juga lebih besar lagi. 
    3. Menyusui bisa membuat ibu menjadi cepat langsing setelah melahirkan karena setidaknya ada 500 kalori yang terbakar. 
    4. Menyusui bisa menunda menstruasi sekaligus menjadi alat kontrasepsi alami. 
    5. Menyusui akan mempercepat kembalinya rahim ke ukuran semula karena ketika menyusui akan melepas hormon oksitosin yang bisa mengurangi pendarahan uterus setelah hamil
    Apakah ASI juga berpengaruh pada Tumbuh Kembang Anak? 

    Perkembangan anak ditentukan oleh pertumbuhan dan perkembangan otaknya. Sedangkan hal utama yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak ini adalah nutrisi. ASI merupakan nutrisi terbaik yang bisa diberikan pada bayi. Itu sebabnya jika diberikan jika ASI diberikan pada 1000 hari pertama atau golden age maka akan menjadi sangat penting dalam keberhasilan pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan juga ketrampilan motorik, mental, sosial dan emosional. 

    Ikatan batin yang terbangun antara ibu dan bayi ketika menyusi akan menentukan perilaku anak di kemudian hari. Ikatan batin ini juga akan menstimulasi perkembangan otak serta merangsang perhatian anak kepada dunia luar. Kontak batin yang terjadi pada saat menyusui juga akan meningkatkan hubungan batin antara ibu dan anak yang berpengaruh juga pada timbulnya rasa aman pada bayi. Rasa ini dikemudian hari bisa membuat rasa percaya diri si anak menjadi tinggi. 

    Seorang ibu yang menyusui bayinya maka rasa sayangnya akan meningkat dan hal ini akan mencegah terjadinya kekerasan pada anak nantinya. Anak yang dibesarkan dengan penuh kasih sayang akan cepat berkembang dibanding dengan anak yang kurang mendapatkan kasih sayang. 

    Dari sebuah penelitian yang dilakukan di Honduras memperlihatkan bahwa bayi yang mendapat ASI eksklusif selama 6 bulan akan merangkak dan duduk terlebih dahulu dibanding dengan bayi yang sudah mendapat makanan pendamping ASI pada usia 4 bulan. Ini menunjukkan bahwa anak yang mendapatkan ASI akan memperlihatkan progresifitas yang lebih baik dibanding dnegan anak yang tidak mendapat ASI. 

    Jadi tidak salah jika akhirnya WHO dan UNICEF merekomendasikan pemberian ASI eksklusif dari sejak lahir hingga usia 6 bulan. Setelah 6 bulan barulah bayi mendapat makanan pendamping ASI (MP ASI). Pemberian MP ASI ini disesuaikan dengan usianya. Pemberian ASI terus dilakukan hingga bayi berumur 2 tahun atau lebih. 

    Apakah Bayi Sudah Mendapatkan Cukup ASI?

    Kalau kata orang tua, jika bayi menangis itu tandanya cuma dua yaitu karena lapar dan yang kedua karena popoknya tidak nyaman.

    Nah kalau bayi lapar apakah itu berarti dia tidak cukup mendapatkan ASI?
    Lalu apa tandanya kalau bayi sudah cukup mendapatkan ASI?
    Seberapa banyak sih ASI yang bisa dihasilkan oleh seorang ibu?
     

    Produksi ASI pada hari pertama dan kedua setelah melahirkan masih sangat sedikit dan akan meningkat menjadi kurang lebih 500 ml pada hari kelima. Produksi ASi ini akan meningkat hingga mencapai 750 ml pada bulan ke-3 sampai ke-5. Sebenarnya produksi ASi akan mnyesuaikan kebutuhan bayi. Jadi ketika bayi sudah mendapat MP ASI atau susu formula maka secara otomatis produksi ASI juga akan menurun. Karena produksi mneyesuaikan kebutuhan bayi inilah, maka sangat dianjurkan untuk menyusui bayi sesuai dengan keinginan bayi.

    Berikut ini adalah tanda-tanda yang bisa dilihat untuk mengetahui apakah bayi sudah cukup mendapat ASI atau belum :
    1. Pada hari ke-2 sampai ke-4 setelah ibu melahirkan, maka produksi ASI akan melimpah dan terlihat dari payudara ibu yang bertambah besar, berat dan lebih hangat. Bahkan ASI seringkali menetes secara spontan. 
    2. Bayi akan menyusu sebanyak 8-12 kali dalam sehari. 
    3. Setiap kali menyusu maka mulut bayi akan melekat dengan benar pada setiap payudara dan mengisapnya secara teratur selama minimal 10 menit di setiap sisi payudara. 
    4. Pada saat menysuu bayi akan terlihat puas hingga tidak jarang dia tertidur. 
    5. Bayi akan buang air kecil lebih dari 6 X sehari dan urinnya berwarna jernih (bukan kekuningan)
    6. Jika puting payudara ibu terasa sakit bahkan disertai lecet pada awal menyusui, maka ini adalah tanda bahwa posisi pelekatan mulut bayi pada payudara kurang baik. Oleh karena itu harus segera dibetulkan posisi menyusuinya. Jika dibiarkan maka akan berpngaruh pada produksi air susu yang menurun. 
    Apa yang harus dilakukan dengan ASI yang sudah diperah? 

    ASI yang dihasilkan dengan cara memerah payudara bisa disimpan untuk diminum bayi terutama ketika ditinggal oleh ibu yang bekerja di luar rumah. Berikut ini adalah tips menyimpan ASI :
    1. Cantumkan tanggal ASI diperah di botol agar kita bisa menggunakan ASi yang paling lama diperah. 
    2. Pastikan botol kaca atau botol plastik untuk menyimpan ASI bersih dan ditutup rapat. 
    3. Hindari menggunakan katong palstik biasa untuk menyimpan ASI karena sangat mudah bocor dan terkontaminasi. 
    4. Jangan mencampur ASI beku dengan ASI yang baru. 
    5. Jangan menyimpan ASI pada bagian pintu lemari es ataupun pintu freezer, tapi simpanlah di freezer
    6. Pada kulkas dengan suhu 4 derajat Celcius, ASI dapat disimpan maksimum selama 5 hari. 
    7. Jangan memanaskan ASI beku pada microwave. 
    8. ASI beku dicairkan dngan menaruh di dalam kulkas selama 4 jam. 
    9. Jangan mencairkan ASI beku dengan suhu ruangan 
    Bagaimana  Caranya Meningkatkan Produksi ASI?

    Ada beberapa sebab mengapa produksi ASI rendah, yaitu :
    1. Ibu jarang menyusui maupun mengosongkan payudara dengan cara memerahnya. 
    2. Bayi tidak bisa menghisap secara efektif karena struktur mulut dan rahang yang kurang baik ataupun teknik pelekatan yang salah. 
    3. Jaringan payudara hipoplastik
    4. Adanya kelainan metabolisme atau pencernaan bayi  
    5. Ibu kurang nutrisi yang baik . 
    Lalu bagaimana caranya meningkatkan produksi ASI? 

    Karena produksi ASI mengikuti prinsip suply - demand si bayi, maka untuk meningkatkan produksi ASI bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu 
    1. Menyusui setiap dua atau tiga jam. 
    2. Mengosongkan payudara dengan cara memerah ASi sebanyak 8 X dalam 24 jam. 
    Selain dua cara  tersebut, mengkonsumsi sayuran juga bisa membantu meningkatkan produksi ASI. Sayuran yang biasa dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah daun katuk (sauropus androgynus ). Daun katuk efektif untuk melancarkan ASI karena mengandung senyawa minyak esensial (saponin, flavooid, tanin, triterpenoid), asam amino, vitamin A, B dan C, mineral (kalsium, fosfor, zat besi) juga senyawa aktif lainnya. 

    Kandungan polifenol pada daun katuk mampu merangsang pelepasan hormon prolaktin yang sangatt efektif dalam meningkatkan produksi ASI. Daun katuk juga bermanfaat sbagai sumber terbanyak klorofil sehingga mampu mengatasi parasit, bakteri dan virus untuk menyembuhkan bisul, demam juga darah kotor. Kadar kalsium yang tinggi pada daun katuk juga bisa mencegah osteoporosis. 

    Daun katuk ini merupakan tanaman perdu yang daunnya bisa diambil untuk sayur. Cara memasak daun katuk seperti bayam, jadi tidak memerlukan waktu yang lama. Karena pemasakan terlalu lama akan menyebabkan daun menjadi hancur dan vitamin yang terkandung di dalamnya akan mudah hilang. 

    Ada juga biji klabet yang mengandung diosgenin yang berfungsi meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin. Kedua hormon ini berfungsi untuk memperlancar aliran ASI. Selain itu biji klabet juga mengandung antioksidan yang tinggi yang bermanfaat untuk melancarkan sistem peredaran darah sehingga membantu mengobati kolesterol dan asam urat. 

    Biji klabet ini sudah digunakan sejak jaman Mesir kuno sebagai obat dan makanan. Orang Yunani kuno dan Romamwi juga menggunakan biji klabet ini dalam pengobatan mereka. Biji klabet ini juga digunakan dalam pengobatan herbal tradisional Cina dan India. Bahkan sejak 1500 SM biji klabet sudah diketahui memiliki manfaat untuk merangsang dan mensatabilkan hormon payudara dan pembesaran payudara, juga merangsang dan meningkatkan ASI hingga 300 %. 


    Kini ibu menyusui tidak perlu repot-repot lagi memasak daun katuk maupun mencari biji klabet. Ada satu ramuan herbal yang terbuat dari ekstrak daun katuk dan biji klabet. Herbatia Sari ASI ini diekstrak dan dikemas dalam kapsul sehingga praktis diminum. Dengan konsumsi 3 kali sehari @ 1 kapsul Herbatia Sari ASI ini akan membantu meningkatkan produksi ASI dan memperlancar aliran ASI.

    Herbatia ASI ini telah mendapatkan sertifikat HALAL dari MUI sehingga aman untuk dikonsumsi. Karena terbuat dari herbal maka Herbatia Sari ASI ini tidak menimbulkan efek samping. Dan yang terpenting lagi HErbatia Sari ASI ini diproduksi oleh PT.Tunggal IDaman Abadi yang telah berpengalaman lebih dari 45 tahun di bidang farmasi. 

    Minggu, 05 Juni 2016

    Peninjauan Kembali Peraturan Daerah Bermasalah


    Peraturan daerah (Perda) seharusnya memudahkan masyarakat dan dunia usaha sehingga akan terwujud kesejahteraan masyarakat Indonesia. Perkembangan investasi memerlukan kepastian hukum dan penyederhanaan prosedur perizinan yang meliputi kemudahan prosedur, layanan yang efisien, cepat dan sederhana.

    Sayangnya hingga saat ini menurut kajian Kementrian Dalam Negeri ada sekitar 3.266 Perda yang menghambat investasi dan pembangunan. Perda tersebut juga menghambat perizianan dan membebankan tarif pada masyarakat. Isi perda itu bertentangan dengan peraturan perundang-undangan di atasnya. Inilah yang diebut sebagai Perda bermasalah.

    Perda bermasalah ini berlawanan dengan semangat desentralisasi dan otonomi daerah. Padahal adanya desentralisasi dan otonomi daerah ini diharapkan bisa meningkatkan mutu pelayanan daerah, daya saing, efektifitas juga kesejahteraan rakyat. Apapun peraturannya, yang jelas Perda diharapkan bisa memberikan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

    Perda bermasalah ini bisa menghambat investasi yangjika dibiarkan maka akan bisa menurunkan iklim investasi dan kepercayaan pasar. Kalau sudah demikian maka pendapatan daerah maupun pendapatan negara akan menurun. Dan imbasnya adalah kemakmuran masyarakat akan terabaikan.

    Oleh karena itu perlu adanya penyederhanaan regulasi agar bisa mempercepat proses pembangunan dan meningkatkan daya saing nasional dalam mengahadapi MEA juga persaingan global. Pemerintah melalui presiden meminta agar Kemendagri menghapus 3.000 perda bermasalah pada akhir Juli ini. Setidaknya 1.000 perda bermasalah harus dihapus setiap bulannya.

    Penghapusan perda bermasalah ini tentu saja harus dipertimbangkan soal perimbangan kekuasaan pusat dan daerah. Di mana perda bermasalah ini telah memperlihatkan ketidaksinkronan proses pembuatan peraturan di Indonesia. Ketiadaan koordinasi dan sinergi ini menjadi penghalang proses pembangunan yang lebih efektif. Hingga pada akhirnya akan menjadi tidak efisien karena harus mengalokasikan sumber daya untuk melakukan review atau pmbatalan perda-perda tersebut.

    Sumber :
    Gautama Adi Kusuma MPA, Ph.D
    Widodo Sigit Pudjianto SH. MH (Kepala Biro Hukum Kementrian Dalam Negeri)
    Robert Endy Jaweng (Komite Pemantau Pelaksana Otonomi Daerah)

    Sabtu, 04 Juni 2016

    Camilan Sehat Apple Rose Pie


    Ini adalah cerita dari cooking class bersama kartini blue bird dan Emak Blogger. Acara ini berlangsung di Kolega Jln Suryo no. 50 Jakarta Selatan, mulai jam 2 siang hingga jam 4 sore. Menu yang dimasak juga sangat mudah, cocok untuk pemula, bahkan untuk yang belum bisa masak sekalipun. Menu ini juga bisa dimasak oleh anak-anak karena di masak dengan menggunakan oven sehingga mudah dan tingkat bahayanya sedikit lebih rendah dibanding dengan menggunakan kompor.


    Menu kali ini adalah Apple Pie Rose. Yaitu dessert yang terdiri dari kulit pie  yang dikombinasi dengan irisan apel sehingga rasanya segar. Di sebut rose karena irisan apel digulung mirip bunga rose. Camilan ini cocok untuk teman minum teh ataupun sebagai ta'jil pada saat buka puasa nanti. Bahan yang digunakan juga cukup mudah ditemukan dan dibeli di pasar. 


    Kalau mau membuat Apple pie rose bisa lihat resep berikut ini ya : 

    Bahan Pastry 
    • Tepung terigu cakra 250 gram 
    • Butter 125 gram 
    • Gula pasir 75 gram 
    • Garam 1/2 sdt
    • Air es 75 ml 
    Bahan apel 
    • Brown sugar 4 sendok makan 
    • Kayu manis bubuk 1/2 sendok teh 
    • Apple juice 250 ml
    • Apel 3 buah diiris tipis 
    Cara membuat :
    1. Buat apel dengan cara merebus brown sugar, kayu manis dan aplle juice hingga mendidih. 
    2. Masukkan irisan apel dan masak sebentar. 
    3. Angkat apel dari air rebusan dan tiriskan. 
    4. Biarkan air sisa rebusan hingga dingin. Setelah dingin gunakan untuk merendam apel agar gula meresap dengan baik ke dalam apel. 
    5. Buat pastry dengan mencampurkan semua bahan dan di mixer dengan kaki mixer spiral. Mixer hingga kalis. 
    6. Ratakan adonan pastry dan giling dengan gilingan kayu dengan ketebalan kurang lebih 1/2 cm. Sisihkan. 
    7. Potong-potong pastry dengan lebar kurang lebih 2 cm dan panjang 10 cm 
    8. Atur irisan apel di bagian atas pastry.
    9. Gulung hingga membentuk bunga mawar. 
    10. Masukkan ke dalam loyang dan panggang dalam oven dengan menggunakan api bawah selama kurang lebih 20 menit dengan suhu kurang lebih 180 derajat. 
    11. Angkat apple rose pie dan taburi atasnya dengan menggunakan gula donat. 

    Apple yang sudah dimasak dalam larutan gula bisa dibuat sehari sebelumnya dan disimpan di dalam kulkas. Sebaiknya gunakan apel malang atau apel fuji agar ketika dimasak tidak cepat lembek. Hindari memakai apel merah karena teksturnya sangat rapuh dan kemungkinan besar akan hancur ketika dimasak. 

    Jika tidak suka apel, maka bisa diganti dengan buah yang lain seperti mangga. Buat yang suka rasa asin, maka apel bisa diganti dengan daging asap dan keju mozarela. Apple rose pie ini setelah matang tahan disimpan di dalam kulkas selama 1 minggu. Jadi kita bisa menikmatinya dalam keadaan dingin atau panas. Jika menginginkan panas maka cukup memasukkan ke dalam microwave selama 2 menit saja. 

    Kalau ingin kulit pie renyah, maka ketika memanggang jangan melapisinya dengan cup, melainkan langsung saja diletakkan dalam loyang. Yang perlu diingat adalah untuk menghindari lengket, maka olesi loyang dnegan margarin putih yang tawar. Hindari menggunakan margarin biasa karena rasanya asin sehingga bisa membuat kulit pie bagian bawah juga ikut asin. 

    Untuk gula yang dipakai sebaiknya menggunakan gula dingin atau gula donat atau juga dikenal sebagai gula dusting. Sekilas memang mirip dengan gula halus. Bedanya adalah kalau gula halus ketika ditaburkan di atas pie maka dia akan langsung meresap. Sedangkan gula dingin ini tidak meresap dan tetap terlihat bubuk gulanya sehingga akan mempercantik penampilan pie nya. 

    Tips Membeli Sepatu Bagi Bunda


    Sepatu memang bukan kebutuhan pokok bagi para ibu. Tapi sepatu selalu bisa menggoda ibu-ibu. Membeli sepatu memang tidak sesering membeli baju. Tapi membeli sepatu itu perlu bagi para ibu. Tidak semua sepatu bisa cocok dengan ukuran kaki kita.

    Sepatu yang tidak nyaman bisa membuat masalah pada kaki seperti rasa sakit pada kulit hingga kerusakan pada saraf kaki. Posisi tumit yang tidak nyaman apalagi ketika memakai high heels bisa menjadi penyebab varises.  Bisa jadi ketika menemukan model yang cocok ternyata ukurannya tidak ada yang sesuai. Atau modelnya bagus, ukurannya sesuai tapi bahannya tidak bagus sehingga ketika dipakai sekali kaki langsung pada sakit semua.

    Terkadang juga kita suka modelnya tapi ternyata gak cocok banget buat penampilan kita sebagai seorang ibu hingga akhirnya terkesan norak. Jadi memang kalau membeli sepatu untuk wanita itu ya di toko sepatu wanita salah satunya adalah di Ranah Mbak yang berada di Season City Jakarta Barat.

    Jadi apa saja tips membeli sepatu agar sesuai dengan keinginan, budget dan awet dipakai? Berikut ini tipsnya :

    1. Pilih sepatu sesuai dengan kebutuhan.

    Ada banyak sekali model sepatu seperti high heels, flat shoes dll. Sepatu high heels cocok untuk pergi ke pesta atau ke tempat resmi seperti kantor. Tapi kalau ingin sepatu santai untuk pergi ke mall hang out bersama teman-teman  atau mengantar anak ke sekolah maka flat shoes lebih cocok. Jadi jangan memilih sepatu hanya karena sedang tren tapi ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan.


    2, Lihat bentuk kaki 

    Bentuk kaki setiap orang itu beda-beda. Ada yang ujungnya meruncing ada juga yang justru melebar. Jadi jika kaki kita ujungnya melebar hindari membeli sepatu yang ujungnya meruncing karena ini bisa menyebabkan kaki menjadi lecet. Kalau sudah begini bukannya tampil cantik tapi yang ada malah meringis kesakitan.

    3. Perhatikan warna sepatu

    Biasanya warna sepatu akan disesuaikan dengan warna baju, Tapi kalau budget terbatas dan ingin satu sepatu bisa dipakai setiap saat dengan warna baju apapun, maka pilihlah warna yang netral seperti warna hitam, putih atau abu-abu.

    4. Jangan abaikan waktu membeli 

    Memang kita bisa membeli sepatu kapan saja. Tapi alangkah baiknya jika membeli sepatu di sore hari. Mengapa? Ini karena pada sore hari kaki mengalami ukuran paling maksimal. Sedangkan pada siang hari apalagi pada pagi hari, ukuran kaki belum maksimal. Jadi ada kemungkinan ketika sepatu tersebut kita pakai pada sore hari akan terasa sempit.


    5. Mencoba sepatu itu perlu 

    Sebelum memutuskan untuk membayar sepatu yang dipilih, maka wajib hukumnya untuk mencoba. Ketika mencoba ada baiknya bukan sekedar mengukur pas tidaknya sepatu itu di kaki kita, tapi cobalah juga untuk mencoba digunakan berjalan. Sebisa mungkin cobalah sepatu sepasang sehingga kita akan tahu sepatu tersebut nyaman di kedua kaki. Jika perlu carilah cermin yang tersedia di toko sepatu dan lihatlah apakah sepatu yang digunakan itu sesuai dengan tubuh dan kaki kita atau tidak.

    6. Jangan terpaku pada nomor sepatu

    Ini penting diingat karena setiap pabrik sepatu  memiliki cetakan yang berbeda. Ada kalanya di pabrik yang satu memiliki cetakan orang Indonesia dan pabrik satunya lagi cetakannya untuk kaki orang asing. Jadi walaupun sama-sama no. 39 namun ukurannya yang satu bisa lebih kecil dari pada yang lain. Jadi nomor sepatu bisa jadi perkiraan tapi tetap harus dicoba di kaki juga .


    7. Pilih bahan yang nyaman.

    Jangan haya terpaku pada model sepatu dan warnanya saja. Memilih bahan yang digunakan untuk membuat sepatu itu sangat perlu. Bahan yang berkualitas bagus seperti kulit binatang yang lembut dan lentur akan memungkinkan kaki bernapas dengan baik sehingga akan nyaman dipakai

    8. Memilih High Heels 

    Salah memilih high heels bisa berakibat tidak nyaman saat berjalan hingga varises. Jika memilih high heels pastikan posisi tumit sejajar dengan hak sepatu . Jika ternyata kaki terasa sakit atau bengkak setelah menggunakan sepatu, maka rendamlah kaki menggunakan air dingin.


    Sepatu koleksi : 
    Ranah Mbak 
    Season City Lantai UG Blok D3 No.5 

    Jumat, 03 Juni 2016

    Menikmati Me Time dengan Spa


    Aktifitas seorang ibu itu selalu padat dari pagi hingga malam. Mengurus rumah dan keluarga tidak bisa dianggap pekerjaan yang ringan. Rasa lelah pasti selalu ada. Belum lagi ditambah dengan kejenuhan akibat rutinitas yang dilakukan setiap hari.

    Itu sebabnya seorang ibu berhak untuk menikmati waktu berlibur atau yang sering dikenal sebagai "Me Time". Hanya saja, liburan seorang ibu memiliki keterbatasan. Bagaimana pun juga rumah pasti akan kacau balau kalau ditinggal berlama-lama oleh ibu. Itulah sebabnya me time yang cocok bagi ibu adalah yang memerlukan waktu sebentar tapi bisa memberikan efek yang besar bagi ibu.


    Salah satu me time yang sering saya lakukan adalah melakukan spa di salon. Spa ini selain untuk bisa membuat rileks tubuh juga bisa menenangkan pikiran sejenak. Salah satu pelayanan yang ditawarkan di spa yang seringkali dipilih adalah massage atau pemijatan. Baik itu full body massage yaitu pemijatan seluruh tubuh, atau hanya sekedar foot massage yaitu pemijatan kaki. 

    Kali ini saya menghabiskan me time di Martha Tilaar Salon Day Spa Jatiwaringin. Ini adalah cabang terbaru dari Martha Tilaar Salon Day Spa yang baru dibuka tanggal 22 Mei 2016 kemaren. Jadi saat ini masih ada diskon 20% untuk semua perawatan di sini.


    Begitu masuk ke dalam langsung disambut dengan ramah oleh mbak receptionis yang menyodorkan buku besar yang berisi aneka pilihan perawatan di sini. Kali ini pilihan saya adalah body treatment ala Jawa yaitu Ken Dedes Princes Ritual. Treatment ini akan menghabiskan waktu selama kurang lebih 120 menit atau 2 jam dengan harga Rp 445.000.


    Sambil menunggu ruang massage nya disiapkan, saya disuguhkan welcome drink di ruang tamu. Kali ini welcome drink berupa segelas kecil air gula asam yang disajikan bersama dengan sapu tangan handuk dingin. Air gula asam ini dengan perpaduan rasa asam dan manis dari gula Jawa yang pas.

    Setelah ruang massage siap, saya pun naik ke bagian atas. Di sana ada beberapa kamar untuk massage yang dilengkapi dengan bathup. Ada juga ruang perawatan wajah yang bisa diisi oleh 4 orang sekaligus. Ruang massage saya berada di paling ujung. Ada bath up , dipan kayu serta mini sauna dan juga dingklik untuk pengasapan.


    Setelah berganti baju dengan handuk tebal, maka saya pun mulai melakukan scrubing yang didahului dengan pengompresan dngan air hangat agar pori-pori terbuka. Ini memakan waktu kurang lebih selama 10 menit. Untuk mnghilangkan scrub, maka sayapun mandi dengan air hangat dalam bathup. Setelah itu dilanjutkan dengan sauna selama 10 menit. Selesai sauna telah disediakan segelas air putih untuk mengganti carian tubuh yang hilang selama sauna.

    Akhirnya massage inti pun dimulai. Lampu rungan dimatikan agar saya bisa merasa rileks. Aroma wangi rempah dalam ruangan pun bisa menambah rasa rileks. Ditambah lagi dengan alunan musik, maka lengkaplah sudah relaksasi kali ini. Sebelumnya si mbak trapis menyiapkan aneka cream dan perlengkapan massage.


    Si mbak terapis mulai memanaskan minyak agar hangat dan mulai melakukan pemijatan mulai dari kaki. Pemijatan dilanjutkan ke atas dalam posisi tengkurap. Setelah seluruh badan dipijat dalam posisi ini, maka posisi badan saya pun dibalik menjadi telentang. Massage pun dilanjutkan kembali mulai dari ujung kaki hingga bagian kepala.

    Massage atau pemijatan bermanfaat untuk merangsang mengatur proses-proses fisiologis seperti pencernaan dan pernafasan agar menjadi lebih baik. Manfaat lain dari massage adalah untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh sehingga dapat memberi makanan pada sel-sel tulang.Pemijatan juga bisa membantu melarutkan lemak sehingga terjadi pembakaran dalam tubuh. Dengan sirkulasi perdaran darah yang baik juga dapat meningkatkan nutrisi ke dalam jaringan otot sehingga kekenyalan dan elastisitas akan lebih bertahan.


    Selesai massage dilanjutkan dengan perendaman dalam bathup selama kurang lebih 10 menit. Ritual ini pun dilengkapi dengan pengasapan menggunakan ratus atau wewangian rempah. Sayapun duduk di bangku pengasapan dan mbak terapis membantu mengatur agar asap bisa meresap ke dalam tubuh saya hingga merata.

    Perawatan pun selesai. Setelah berganti baju, di ruang tunggu telah tersedia teh jahe yang hangat. Lengkap sudah me time kali ini. rileks lahir batin pun bisa didapat dengan waktu kurng dari 3 jam dan biaya yang terjangkau.












    This entry was posted in