Minggu, 23 Juli 2017

Lindungi Anak Dari Penyakit Campak dan Rubela Dengan Imunisasi MR

Lindungi anak dari penyakit campak dan rubela dengan imunisasi MR

Bulan Agustus 2017 nanti, Kementrian Kesehatan RI akan mengadakan imunisasi Campak & Rubela serentak di seluruh Indonesia. Ini merupakan program imunisasi gratis dari pemerintah bagi anak usia 9 bulan-15 tahun. Untuk tahap pertama di bulan Agustus nanti akan diberikan bagi anak-anak SD dan SMP Sedangkan di bulan September 2017 nanti akan diberikan Imunisasi Campak dan Rubela kepada anak-anak balita dan bayi.

Dahulu anak-anak hanya diberikan imunisasi campak saja. Sedangkan imunisasi Rubela belum bisa disediakan gratis oleh pemerintah. Namun demikian ada banyak orang tua yang mengerti tentang kesehatan anak akhirnya memberikan imunisasi rubela dengan biaya sendiri.

Campak dan Rubela merupakan penyakit infeksi yang menular melalui saluran napas. Kedua penyakit ini sama-sama ditularkan oleh virus. Dalam hal ini memang ada beberapa virus yang hanya menyerang pada manusia. Diantaranya adalah virus penyebab penyakit campak dan rubela ini.

Lindungi Anak dari penyakit campak dan Rubela dengan imunisasi MR

Virus Campak dan rubela ini akan menyerang anak-anak juga orang dewasa yang belum pernah mendapatkan imunisasi. Bisa juga menyerang anak-anak yang belum prnah mengalami penyakit campak dan rubela. Jadi boleh dibilang bahwa penyakit campak dan rubela ini merupakan penyakit yang memiliki resiko penularan yang tinggi.

Penyakit campak bisa menyebabkan komplikasi yang serius, seperti timbulnya diare, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk hingga kematian. Sedangkan penyakit Rubella biasanya berupa penyakit yang ringan pada anak. Namun bila menular pada ibu hamil di tri semester pertama atau ada masa awal kehamilan akan menyebabkan keguguran hingga cacat pada bayi yang dilahirkan.

Lindungi anak dari penyakit campak dan rubela dengan imunisasi MR

Beberapa penyakit yang bisa dialami oleh anak yang dilahirkan dari ibu hamil yang terinveksi virus Rubela diantaranya :

  • Kelainan jantung
  • Kerusakan jaringan otak
  • Katarak Kontingental
  • Gangguan pendengaran 
Anak yang terkena penyakit campak memiliki gejala antara lain : 
  • Demam tinggi
  • Bercak kemerahan pada kulit 
  • Batuk
  • Pilek
  • Mata merah (konjungtivitis)
Sedangkan gejala penyakit rubela sebenarnya tidak spesifik, bahkan bisa tanpa gejala. Namun gejala umum mirip dengan gejala flu, jadi bisa berupa : 
  • Demam ringan
  • pusing
  • pilek
  • mata merah 
  • nyeri persendian 
Penyakit campak dan rubela ini bisa dicegah dengan imunisasi vaksin Masles Rubela (MR). Jdi dalam satu vaksin ini bisa untuk mencegah dua penyakit ini sekaligus. Vaksin ini telah mendapatkan rekomendasi dari WHO dan izin edar dari Badan POM. Vaksin MR ini 95 % efektif untuk mencegah penyakit campak dan rubela dan telah digunakan di 141 negara di dunia. 

Lindungi Anak dari penyakit campak dan rubela dengan imunisasi MR

Jadi jangan lupa ya datang ke posyandu di bulan September nanti. Dan apa yang harus dilakukan para ibu pada saat hari imunisasi MR nanti tiba? 
  1. Datang ke posyandu atau tempat imunisasi yang telah ditentukan 
  2. Pastikan anak sudah makan sebelum diberi imunisasi
  3. Sampaikan kondisi kesehatan anak kepada petugas. Kondisi kesehatan ini seperti : riwayat penyakit, pengobatan yang sedang dijalani, adanya cacat bawaan, kelahiran preamatur, alergi, riwayat raksi setelah imunisasi. 
  4. Setelah anak diimunisasi, tunggu sebentar sekitar 30 menit untuk mengetahui kemungkinan kejadian ikutan setelah imunisasi. 
  5. Jika terjadi demam ringan, ruam merah ataupun bengkak ringan di sekitar bekas suntikan jangan khawatir. Karena ini adalah reaksi normal pasca imunisasi. 
  6. Namun jika nanti terjadi demam tiggi, kejang atau pembengkakan yang serius disekitar bekas suntikan, maka perlu dibawa ke klinik atau fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 






0 komentar:

Posting Komentar